• May 27, 2024
  • Last Update May 25, 2024 8:05 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Tingkat Kepercayaan Masyarakat Lotim Menyekolahkan Anaknya ke Pesantren Makin Meningkat

Tingkat Kepercayaan Masyarakat Lotim  Menyekolahkan Anaknya  ke Pesantren Makin Meningkat

Lotim  sergapye– Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy mengungkapkan kegembiraan dan kebanggannya karena banyak orang tua mempercayakan pendidikan anak-anaknya ke pondok pesantren. Sebab menurutnya lembaga pendidikan keagamaan memiliki banyak kelebihan dibanding sekolah umum.

Lembaga pendidikan agama, terang Bupati, umumnya tidak sekadar mentransfer pengetahuan dan ilmu, akan tetapi juga membentuk ahlak serta kemandirian santri sehingga anak didik memperoleh bekal ilmu dunia dan akhirat. Hal tersebut penting mengingat firman Allah SWT dalam surat Annisa ayat 9 yang artinya “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. Lemah yang dimaksud mencakup lemah iman, aqidah, ahlaq, ilmu, hingga ekonomi.

Di hadapan orang tua dan wali yang menghadiri serah terima santri Irsyadul Mujahidin NW Teliah, Sakra Selatan, Bupati berharap kelak para santri dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ia menegaskan bahwa para santri dapat bersaing dengan siswa dari sekolah umum.

Hal senada juga disampaikan Bupati kepada orang tua/ wali murid yang menghadiri tasyukuran perpisahan dan kenaikan kelas MTs/ MA NWDI Selayar pada hari yang sama, Rabu (21/6).

Bupati bahkan meminjam filosofi pohon pisang yang pantang mati sebelum berbuah dan memiliki tunas sebagai penerus. Ia menekankan pentingnya mempersiapkan generasi berikutnya yang lebih berkualitas dan lembaga pendidikan keagamaan sebagai wadahnya.

Meski begitu ia tidak menampik adanya lembaga yang tidak bermutu bahkan merusak nama lembaga pendidikan keagamaan seperti diberitakan beberapa waktu lalu. Dengan tegas Bupati meminta untuk menutup lembaga pendidikan semacam itu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *