• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Sekda Lotim: Peran Gerakan Pramuka Bangun SDM

Sekda Lotim: Peran Gerakan Pramuka Bangun SDM

Lotim sergapye–Menyongsong Indonesia Emas 2045 Pemerintah menyiapkan diri, masyarakat, komponen pemerintahan, dan dunia pendidikan. Pembangunan sumber daya manusia menjadi titik tekan dalam upaya itu. Pada tataran tersebut Gerakan Pramuka memiliki peran strategis, utamanya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Karena itu Sekda Kabupaten Lombok Timur Muhammad Juaini Taofik, yang mewakili Bupati, menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Lomba Tingkat Pramuka Penggalang (LT) III yang diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Timur. Ia pun berharap anggota gerakan Pramuka ini dapat menunjukkan prestasinya hingga ke tingkat internasional dan di masa mendatang menjadi bagian dari SDM unggul Indonesia.

Menyampaikan sambutan pada pembukaan LT III tersebut Sekda mengingatkan bahwa pembangunan tidak hanya terkait dana. Akan tetapi ia percaya dengan kolaborasi, banyak aspek pembangunan dapat dilaksanakan. Ia pun menyadari bahwa pembangunan manusia seperti melalui gerakan Pramuka tidak dapat dilihat hasilnya secara langsung, melainkan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding pembangunan fisik, “… tetapi kalau membangun sumber daya manusia kita butuh 20-30 tahun untuk melihat hasil apakah pembangunan ini sudah berdampak atau tidak,” ujarnya. Karena itu dibutuhkan pembinaan berkelanjutan.

LT III yang dibuka Sabtu (21/1) di Bumi Perkemahan Sukadamai, Dames Damai, Kecamatan Suralaga tersebut akan berlangsung hingga 23 Januari. Kegiatan yang dilaksanakan secara berjenjang setiap lima tahun sekali itu merupakan ajang seleksi regu berprestasi tinggi yang juaranya akan mewakili Kwarcab Lombok Timur di ajang serupa di tingkat IV Kwarda NTB. Peserta kegiatan ini berasal dari 12 Kwartir Ranting (Kwaran) putra-putri yang ada di daerah ini.

Tidak hanya kegiatan umum seperti api unggung atau upacara, LT III ini diisi berbagai lomba, diantaranya tata laksana regu, tata perkemahan, pidato bela negara, survival, hingga teknologi informasi. Tidak hanya peserta, Pembina pun mengikuti sejumlah kegiatan gelang ajar atau penyegaran.

Panitia LT III H. Lalu Ahmadi menyampaikan bahwa kwarcab Lombok Timur akan mengikuti beberapa ajang tingkat nasional seperti Raimuna, Perkemahan Pembina dan kegiatan lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *