• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Desa Wisata Menjadi Solusi Untuk Mengangkat Perekonomian Masyarakat Desa Lembar

Desa Wisata Menjadi Solusi Untuk Mengangkat Perekonomian Masyarakat Desa Lembar

Lotim sergapye–KKN Terpadu Universitas Mataram melakukan kolaborasi dengan pemerintah setempat dalam rangka menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang ‘’ PENGEMBANGAN DESA SADAR WISATA MELALUI EKONOMI KREATIF’’ yang dilaksanakan pada tanggal 21 januari 2023 lalu bertempat di aula kantor desa LEMBAR.

Kegiatan yang bertema “Pemberdayaan Hasil Laut dan Tambak Menjadi Produk UMKM Melalui Pariwisata Ekonomi Kreatif” dibuka secara resmi oleh Kepala desa LEMBAR Sainah dan dihadiri oleh para perwakilan dari masing-masing Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan BUMDES.

Pengembangan destinasi wisata yang di fokuskan dilokasi pantai serpiq oleh masyarakat, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan keuntungan ekonomi lokal sebesar-besarnya. Tak heran, pariwisata dijadikan sebagai program pembangunan prioritas yang selalu diberi target pencapaian oleh pemerintah.

Langkah kolaborasi dinilai diperlukan untuk mempromosikan setiap potensi daerah dan desa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Ketua BUMDES Lembar menyatakan.

Potensi yang ada di Desa Lembar cukup banyak baik dari segi sumber daya alam seperti hasil tambak,hasil laut dan pariwisatanya namun masih perlu tata Kelola,meskipun pengelola daerah wisata sudah mengelola objek miliknya tersebut dengan optimal,namun tetap diperlukan upaya pengembangan destinasi wisata sesuai dengan prinsip pengelolaan pariwisata,diantaranya dengan konsep 3A (Triple A) yaitu,Atraksi.Atraksi yang ada di Pantai Serpiq diantaranya seperti keidahan sunset pointnya yang indah dan event “ngeke” (menangkap kerang) yang biasanya di lakukan setiap 3 bulan sekali.

“Aksesbilitas, infrastruktur menuju pantai serpiq cukup mendukung namun masih perlu tata kelola seperti papan penunjuk arah,jembatan menuju pantai perlu di perluas dan lahan parkir yang belum tersedia”

“Amenitas,amenitas yaitu fasilitas yang tersedia seperti rumah makan,restoran dan fasilitas umum seperti contoh tempat ibadah dan kamar mandi belum tersedia di Pantai Serpiq”

Hal itu disampaikan Irsan pada ‘Sosialisasi Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Desa Lembar`
“Pengembangan Desa wisata merupakan solusi potensial bagi Keberlanjutan Perekonomian masyarakat di Desa Lembar salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membentuk UMKM yang mewadahi semua usaha yang di rintis oleh masyarakat .” (Sabtu,21 Januari 2023).

Mengingat banyaknya tambak di Kawasan Desa Lembar yang didominasi dengan tambak ikan Ikan Bandeng. Mahasiswa KKN- Terpadu yang berkolaborasi dengan PKK Desa Lembar dengan membuat produk olahan dari ikan bandeng (Amplang Bandeng),hal ini di harapkan bisa membantu perekonomian masyarakat,sehingga produk yang dihasilkan bisa menjadi produk iconic dari Desa Lembar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *