• March 4, 2024
  • Last Update March 3, 2024 4:09 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

PT Bank Mandiri dan Semen Indonesia Harapkan UKW PWI NTB Ciptakan Wartawan Berkualitas

PT Bank Mandiri dan Semen Indonesia Harapkan UKW PWI NTB Ciptakan Wartawan Berkualitas

Mataram  sergapye–– Dua perusahaan milik negara, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berharap melalui pelaksanaan uji kompetensi wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama BUMN yang digelar di PWI Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menciptakan dan melahirkan wartawan yang berkualitas.

UKW PWI bersama BUMN yang digelar di PWI NTB, di Prime Park Hotel & Convention Lombok, selama dua hari Kamis-Jumat (18-19/1), rangkaian UKW PWI Pusat kerja sama dengan BUMN yang dilaksanakan di seluruh PWI provinsi di Indonesia, termasuk PWI daerah Surakarta, Solo.

Sebanyak 48 peserta yang telah lulus verifikasi Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI, terdiri dari kelas muda, madya, dan utama mengikuti UKW PWI bersama BUMN melalui Forum Humas BUMN (FHBUMN) didukung PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

UKW di NTB dibuka secara resmi oleh PJ Gubernur NTB Drs H Lalu Gita Ariadi MSi.  Ariadi menyampaikan, wartawan harus cerdas dalam membuat berita, khususnya berita yang membangun untuk kemajuan daerah. Jadi wartawan bukan sekadar membuat berita, Ariadi juga berpesan agar wartawan mampu menyampaikan informasi yang memberikan edukasi. Ariadi juga menceritakan pengalamannya saat menjadi mahasiswa aktif dalam menulis ke media.

PJ Gubernur NTB juga mengapresiasi  PWI Pusat dan BUMN yang telah membuat UKW gratis , sehingga banyak wartawan dari daerah-daerah di luar Lombok, seperti dari Bima dan Sumba, antusias berkesempatan mengikuti UKW. Ariadi juga berharap peserta yang mengikuti UKW dapat memenuhi standar pengujian UKW.

GM Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Arif Gunawan Sulistiyono, yang juga hadir dalam pembukaan UKW PWI-BUMN, mengatakan, melalui program UKW dapat melahirkan wartawan yang cerdas dalam proses menghasilkan karya jurnalistik. Tentu saja wartawan wajib mematuhi kode etik jurnalistik (KEJ). Pada bagian lain Arif meminta PWI berperan dalam memberikan pendidikan ke penggiat media sosial, agar menciptakan konten berkualitas.

Arif juga menambahkan PT Semen Indonesia berkomitmen mendukung penuh jurnalis yang profesional dan berakhlak melalui program UKW PWI Pusat yang rencananya akan berjalan di 38 Provinsi.

Pada bagian lain, M Haris Budiman, selaku VP Area Head PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan rasa senangnya,  Bank Mandiri menjadi bagian dari FH-BUMN yang memberikan support program UKW PWI di Provinsi NTB.

Menurut Haris, sesuai dengan tagline ‘Bagaimana Spirit Memakmurkan Negeri’ PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berkontribusi besar terhadap bangsa dan negara ini.

Harris juga menyampaikan berkaitan dengan peran Bank Mandiri di NTB. Saat ini Bank Mandiri di NTB memiliki 40 cabang dan memberikan support  segmen ekonomi mikro sampai dengan korporasi.

Ketua Bidang Multimedia dan Teknologi Informasi PWI Pusat,  Eko Ardiyanto menyampaikan,  salam dari Ketua Umum PWI Pusat  Hendry Ch Bangun dan ucapan terima kasih untuk Kementerian BUMN yang telah membantu penuh program UKW se-Indonesia.

Eko berharap wartawan yang kompeten akan menjadi lokomotif pemberitaan yang profesional dan berkualitas di NTB. Di tempat yang sama, Ketua PWI NTB Nasrudin Zen juga menyambut baik perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah Pemprov NTB, Pengurus PWI Pusat, Pengurus PWI NTB, BUMN dan apresiasi kepada delapan penguji UKW di NTB yaitu, Diapari Sibatangkayu (DKI Jakarta) , Ainur Rohim (Surabaya), Nur Wahid (Surabaya), Syamsul Huda (Semarang), Sri Mulyadi (Semarang), Emanuael Dewata Oja (Bali) dan Abdus Syukur (NTB) serta Humas PWI Pusat Riza Awaluddin.(PWI Pusat)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *