• March 4, 2024
  • Last Update March 3, 2024 4:09 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Harapan PJ Gubernur NTB Kandas, Tiga Wartawan gagal dan 43 Orang Dinyatakan Berkompeten

Harapan PJ Gubernur NTB Kandas, Tiga Wartawan gagal dan 43 Orang Dinyatakan Berkompeten

Mataram sergapye—-Harapan Gubernur NTB agar semua jurnalis yang mengikuti  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) lulus semua  ternyata kandas. Dari 48 peserta, 43 wartawan dinyatakan berkompeten,  3 orang dinyatakan tidak berkompeten (tidak lulus) dan dua orang tidak hadir saat Kegiatan di gelar.

“Saya berharap  semua peserta UKW lulus semua karena saya yakin teman teman jurnalis sudah memenuhi syarat untuk menjadi kompeten,”ujar PJ Gubernur NTB, HL Gita Aryadi saat membuka UKW yang digelar di Mataram, Kamis (18/1).

Faktanya selama dua hari UKW digelar, hari Kamis dan Sabtu, harapan dari Miq Gite panggilan akrab Pj Gubernur meleset. Tiga orang gagal dan harus mengikuti kegiatan yang sama  pada tahun tahun berikutnya. Pada UKW PWI NTB berhasil mencetak sebanyak 43 wartawan yang dinyatakan berkompeten.

Kegiatan UKW PWI tersebut terlaksana atas kerjasama antara PWI dengan beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersama Forum Humas BUMN.

Dalam pelaksanaan UKW hari kedua,. Para peserta telah menyelesaikan beberapa mata uji UKW, seperti jejaring, wawancara tatap muka, menyiapkan isi rubrik, dan lainnya pada jenjang Muda.

Selain itu, peserta Madya dan Utama juga menyelesaikan sejumlah mata uji di hari kedua. Koordinator Penguji Ainur Rohim, pada acara penutupan, melaporkan dari 48 peserta, tercatat 2 peserta tidak hadir.

Setelah dilakukan proses pengujian selama dua hari, 18 dan 19 Januari 2024, sebanyak 43 peserta dinyatakan berkompeten dan 3 peserta belum berkompeten. “Sinergitas PWI Pusat dengan BUMN ini sangat penting untuk mempercepat capaian wartawan profesional dan berakhlak,” kata Ainur Rohim, Koordinator Tim Penguji UKW Angkatan 15 dan 16 PWI NTB. Jumat (19/01/2024).

Sedang  Ketua PWI NTB M Nasrudin Zen berterima kasih kepada  BUMN dalam memfasilitasi UKW dalam peningkatan SDM kewartawanan, utamanya bagi anggota PWI di NTB.

“Saya sangat mengapresiasi langkah PWI Pusat yang bekerjasama dengan BUMN. Alhamdulillah sangat membantu semoga di masa depan NTB dapat tambahan. Ini sangat bermanfaat bagi PWI dan anggotanya. Kini kami merasakan marwah profesi itu sudah kembali lagi. Terima kasih,” ujarnya.

Kepada para peserta yang dinyatakan kompeten, Nasrudin berpesan untuk terus belajar dan menambah pengetahuan. Dengan begitu, wartawan anggota PWI di NTB dapat semakin berkompeten dan profesional dalam bekerja.p

Untuk peserta yang belum kompeten,  diharap dapat terus belajar dari kegagalan yang ada, untuk kembali mengikuti UKW berikutnya.

“ini bukan akhir dalam pengembangan ilmu jurnalistik, tetapi sebagai langkah awal agar lebih berkembang dan lebih baik. Terlebih di era digitalisasi saat ini, teruslah belajar supaya bisa mengembangkan diri menyesuaikan dengan perkembangan digitalisasi,” imbuhnya.

Untuk itu, secara kelembagaan, atas nama PWI NTB dia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atas dukungannya pada kegiatan ini, sehingga dapat menambah jumlah wartawan anggota PWI yang berkompeten di NTB.(Bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *