• January 30, 2023
  • Last Update January 30, 2023 10:42 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Habibi: Udara Lombok Timur Baik Secara Nasional

Habibi: Udara Lombok Timur Baik Secara Nasional

Lotim Sergapye –Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur, Tohri Habibi mengatakan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Lombok Timur terbaru berada diangka 88,40 yang termasuk baik dalam standar nasional.

Kurangnya mobilitas masyarakat dua tahun terakhir yang disebabkan oleh COVID-19 juga menjadi faktor terjaganya kualitas udara Lombok Timur, mengingat penyumbang terbesar polusi di Lombok Timur adalah transportasi.

“IKLH Terbaru kita menunjukkan kualitas udara Lombok Timur baik secara nasional,”ujar Habibi Selasa (25/10/2022).

Barometer penilaian kualitas udara, lanjut Habibi, tidak bisa ditentukan secara detail perhari karena terkendala alat, sehingga dibutuhkan beberapa bulan untuk mengetahui kadar udara pada wilayah tersebut. Karenanya dalam jangka waktu tiga bulan terakhir kualitas udara akibat aktivitas Oven tembakau bisa dikeluarkan November mendatang.

“Secara detail memang tidak bisa ditentukan kualitas udara perhari karena keterbatasan alat, sehingga diperlukan waktu berbulan-bulan agar dapat mengetahui hasil udara,”

Lanjut Habibi juga menyampaikan musim peralihan dari panas ke hujan menjadi salah satu penyebab kualitas udara berstatus baik hingga sedang. Dengan adanya hujan, lanjutnya, partikulat dan partikel lainnya yang mengapung di udara menjadi tersapu dan turun.

Ini jadi salah satu faktor kualitas udara terbilang baik, sehingga perlu perhatian serta partisipasi masyarakat,

Habibi juga menghimbau agar menjaga kualitas dan meningkatkan udara adalah dengan menjaga setiap pohon serta menanam pohon agar dapat menyerap karbon.

“Saat ini solusi menjaga kualitas udara adalah dengan menjaga pohon dan menanam pohon,”tutupnya.(bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *