• March 3, 2024
  • Last Update March 3, 2024 4:09 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Fluktuasi Harga Cabai dan Bawang Merah

Fluktuasi Harga Cabai dan Bawang Merah

Lotim Sergapye – Cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah menjadi komoditas dengan fluktuasi harga cukup tinggi pada pekan ke dua Januari 2024. Fluktuasi harga cukup signifikan terjadi pada cabai rawit di 156 kabupaten/kota. Sementara fluktuasi harga cabai merah terjadi di 98 kabupaten/kota. Halnya bawang merah terjadi di 25 kabupate/kota, termasuk Lombok Timur.

Kondisi tersebut terungkap pada Rapat Korodinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang diikuti Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik secara virtual pada Senin (15/1) Pj. Bupati pada kesempatan tersebut didampingi Asisten Perkeonomian dan pembangunan beserta Kepala Dinas Perdagangan juga sejumlah pimpinan OPD terkait.

Berdasarkan early warning system (EWS) produksi dan neraca sentra bawang merah pada Januari – April 2024 produksi bawang merah Lombok Timur memang belum mencukupi. Seperti data direktorat jenderal hortikultura, dari kebutuhan 709 ton, produksi bawang merah Lombok Timur 637 ton. Akan tetapi pada Februari hingga April diprediksi sudah akan melampaui kebutuhan.

Bawang merah disebut sebagai komoditas dengan status harga waspada dan disparitas harga antar daerah tinggi.

Namun demikian Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir yang memimpin Rakor Pengendalian Inflasi Daerah tersebut menyampaikan pengendalian harga dan ketersediaan komoditas seperti cabai dan bawang merah dapat diatasi di daerah. Berbeda dengan komoditas seperti bawang putih, jagung, dan beras yang dipenuhi melalui mekanisme impor.

Ia menegaskan agar Badan Pangan Nasional (Bapanas) menghitung dengan baik kebutuhan dan produksi, sehingga dapat segera diantisipasi ketika stok menipis dan kenaikan harga tinggi tidak perlu terjadi seperti tahun sebelumnya. ia berharap sedianya persiapan dan perencanaan tahun 2024 lebih baik mengingat sumber masalah sudah teridentifikasi pada 2023 lalu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *