• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Cegah Pasang Air Laut Tenggelamkan Rumah Warga, Dit Polairud Polda NTB Bangun Talut di Permukiman Teluk Gok Lombok Barat

Cegah Pasang Air Laut Tenggelamkan Rumah Warga, Dit Polairud Polda NTB Bangun Talut di Permukiman Teluk Gok Lombok Barat

Mataram sergapye–iklim ekstrim dan peralihan musim kemarau ke hujan yang disertai angin kencang  serta gelombang besar  menjadi ancaman warga terutama yang tinggal di desa pantai. Guna mengantisipasi air laut masuk ke pemukiman warga di Teluk Gok saat terjadinya Air laut Pasang, Dit Polairud Polda NTB melaksanakan Kegiatan Bhakti Sosial di Dusun Telok Gok, Kabupaten Lombok Barat, untuk membangun Penyangga berupa Talut (Tanggul Beton) di sepanjang pesisir pemukiman warga.

Direktur Polairud Polda NTB Kombes Pol Kobul S. Ritonga  mengatakan pembangunan Talut setinggi 1 meter dan lebar 1 meter tersebut untu mengantisipasi gelombang pasang Air laut, dan biasa pada tiap awal tahun terjadi ombak pasang berat yang tentunya akan berdampak kepada pemukiman warga di tempat itu,”ujarnya di ruang kerjanya Selasa (11/10).

Langkah membangun Talut (Tanggul Beton) ini merupakan upaya antisipasi lebih awal sehingga dapat membantu warga yang bermukim di lokasi. Kegiatan ini telah berlangsung dari tanggal 4 – 11 Oktober 2022 dan dikerjakan secara bergotong royong dengan warga masyarakat setempat.

“Jadi permukiman ini kerap terjadi banjir saat Ombak Pasang, sehingga tentu mempengaruhi kenyamanan hidup masyarakat yang bermukim di lokasi ini. Dengan demikian inisiatif membangun Talut ini kita ambil untuk mengantisipasi hal tersebut,”jelas Dir Polairud Polda NTB.

Ia berharp semoga dengan terbangunnya Talut sebagai penghalang air laut saat ombak pasang ini dapat mengurangi resiko terjadinya banjir air laut di pemukiman warga di Dusun Teluk Gok , sehingga masyarakat tidak perlu kalang kabut menyelamatkan harta benda saat masuknya musim ombak pasang.

“Ini bagian dari tugas polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan Polri sudah jelas untuk membantu dan mengayomi masyarakat , maka dari itu kehadiran kami disini semata-mata untuk membantu warga masyarakat,”tandasnya.”

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *