• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Bupati Lombok Timur Sukiman Azmy Ikuti Webinar G20 GPFI High Level Symposium dengan Mentri Keuangan RI

Bupati  Lombok Timur  Sukiman Azmy Ikuti Webinar G20 GPFI High Level Symposium dengan Mentri Keuangan RI

Lotim sergapye— Bupati Kabupaten Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengikuti webinar G20 GPFI High Level Symposium yang bertajuk “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Meningkatkan Produktivitas, Keberkelanjutan dan Inklusifitas Ekonomi Perempuan, Pemuda dan UMKM,”. Kepala Dinas Koperasi dan UKM dan Ketua Dekranasda Lombok Timur mendampingi Bupati pada kegiatan yang berlangsung Selasa (4/10). Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi tuan rumah kegiatan yang merupakan rangkaian acara Presidensi G20 Tahun 2022.

Pada webinar tersebut diungkapkan bahwa selain memberikan manfaat dalam menciptakan peluang ekonomi yang lebih besar, digitalisasi juga ikut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa digitalisasi sangat penting mendorong inklusi keuangan. Dengan digitalisasi semua orang dapat mengakses keuangan dan biaya transaksi lebih rendah. Pemerintah, jelasnya, telah menerapkan digitalisasi, mulai dari memperkenalkan pembayaran digital, juga pembukuan atau pencatatan digital.

Menurutnya sejumlah aspek ekosisitem seperti kebijakan, keuangan, permodalan, dukungan, dan budaya yang sangat penting agar UMKM dapat berjalan dengan baik. Di lain sisi ia menyadari UMKM masih terbentur pada akses permodalan.

Lombok Timur sendiri sudah memberdayakan sistem digitalisasi pada sebagian UMKM. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi Hj. Masnan usai kegiatan tersebut. Ia berharap digitalisasi segera diedukasikan ke masyarakat, agar mereka paham dan berpindah dari sistem offline menuju online. Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah pusat telah mengalokasikan pula bantuan sebagai bantalan sosial bagi 10.900 UMKM yang ada di daerah ini. Masing-masing mendapat sebesar Rp. 600 ribu per orang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *