• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Potensi dan Prospek Budidaya Porang Diseminarkan Universitas Gunung Rinjani

Potensi dan Prospek Budidaya Porang Diseminarkan Universitas Gunung Rinjani

Lotim Sergapye – Universitas Gunung Rinjani melakukan Seminar Hasil Penelitian dengan tema “Potensi dan Prospek Budidaya Porang” di Kabupaten Lombok Timur. Rabu 05/10/2022

Tahapan proses penelitian sudah dilaksanakan mulai dari persiapan, pengumpulan data melalui wawancara dan juga FGD I dan II dan pembuatan laporan pendahuluan hasil penelitian. Selanjutnya dilaksanakan seminar hasil penelitian sebagai rangkaian terakhir dari kegiatan penelitian ini.

Penelitian ini bekerjasa sama Bappeda Lombok Timur , dan Penelitian ini di dukung oleh Bappeda Lombok Timur.

Seminar ini bukan hasil akhir , tapi ini proses “sebuah penilitian dan kajian ilmiah , data boleh salah tim peniliti tidak boleh bhong” ujar Lalu Nurul Yaqin selaku Direktur LPPM/UGR

Data dan hasil penelitian yang di laksanakan selama 4 bulan ini sebagai suatu hasil karya ilmiah tentu diperlukan pembahasan dan pengakuan dan itu bisa dilakukan melalui kegiatan seminar hasil.

Ada beberapa data yang mungkin memerlukan klarifikasi baik dari petani, pelaku usaha porang, Lembaga pemerhati porang, dan juga pemerintah daerah. Sehingga diharapkan hasil penelitian ini menjadi rujukan bagi petani untuk tertarik melaksanakan budidaya porang, pemerintah dapat memberikan arah kebijakan yang memihak pekada petani.

Bappeda Lombok Timur di Wakilkan oleh Kabid Litbang, Totok Prarijanto meminta untuk penelitian ini dapat menghasilkan yang baik, paling tidak mendekati sempurna.

Lanjut harapannya Bappeda bisa menyelesaiakn penelitaian ini dengan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. tutupnya Totok
[5/10 16.23] Bayu Pardi P: Lotim Sergapye – Yayasan Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin Nadlatul Wathan (NW) Teliah, Desa Sakra Selatan, Kecamatan Sakra, melangsungkan Hari Ulang Tahun (Haul) ke – 9, dirangkaikan dengan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Rabu (5/10/2022)

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkiefimansyah, H. Saifuddin Zuhri (Anggota DPRD NTB), Aksanul Khalik (Dinas Sosial Prov NTB), TGH Ahyar Rosyidi Al Madani (Pimpinan Ponpes Irsyadul Mujahidin), TGH Lalu Anas Hasri, dan tamu undangan lainnya, serta para santri dan masyarakat sekitar.

Dalam laporannya, Lalu Irjan Nawadi, selaku ketua panitia menyampaikan, sebelum acara puncak dilakukan Perlombaan dan pertandingan dari tanggal 26 September – 3 Oktober 2022, Pawai Sepeda Motor, tanggal 4 Oktober dengan diikuti oleh 1600 (seribu enam ratus) peserta, dan Penutupan pada malam harinya dengan doa bersama diisi oleh Syaikh Adnan Al Athaf Al Madani.

“Kebetulan tanpa direncanakan, pada hari puncak perayaan Haul ke – 9 ini, ada kegiatan visitasi akreditas Madrasah Aliyah juga,” ucapnya.

Dalam sambutannya Gubernur NTB, Zulkiefimansyah menyampaikan, kekagumannya Master of Ceremony
(MC) memakai bahasa Jepang, sehingga harapannya jebolan santri Irsyadul Mujahidin nantinya banyakan yang sekolah keluar negeri.

“Anak NTB diluar negri yang bersekolah, sejelek jelek pasti bisa azan dan itu saya alami” ucapnya, memotivasi santri.

Ia berharap siswa tetap semangat dalam belajar, jangan sampai kawin di usia dini, minimal tamat SMA, jika nantinya ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri, akan difasilitasi oleh pemerintah provinsi.

“Dengan tidak nikah dini, nantinya agar siap menghadapi tantangan zaman,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *