• June 21, 2024
  • Last Update June 20, 2024 9:26 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Bupati Ingatkan Proyek SPAM Solusi Mengatasi Kebutuhan Air Lotim Bagian Selatan

Bupati Ingatkan Proyek SPAM Solusi Mengatasi Kebutuhan Air Lotim Bagian Selatan

Lotim sergapye–Masalah air di Lombok Timur bagian Selatan hingga kini menjadi persoalan. Sejak menjabat Lotim persoalan ini menjadi komitmen Bupati HM. sukiman sebelum melepas jabatannya pada September 2023 mendatang.

Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy memastikan bahwa proyek SPAM Wilayah selatan dapat terlaksana dan menghindari potensi masalah sekecil apapun. Karena itu pada Senin (3/4) menggelar rapat bersama para pihak seperti Balai Prasarana Permukiman wilayah (BPPW) NTB dan sejumlah rekanan, PUPR, PDAM, serta Camat di wilayah yang menjadi lokasi proyek yang didanai bank dunia tersebut.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati tersebut dimaksudkan mencari jalan keluar kendala yang ditemui di lapangan. Salah satunya adalah belum terkonfirmasinya pemanfaatan sejumlah kecil lahan SMK Kotaraja sebagai tempat pembangunan instalasi pengolahan air (IPA).

Bupati menyebut hal tersebut karena adanya mis-komunikasi antara para pihak seperti Pemerintah Provinsi NTB dan SMK bersangkutan. Padahal Pemda sudah mengirimkan surat terkait pemanfaatan lahan SMK untuk pembuatan IPA kepada pemerintah provinsi dan tembusan ke SMK. Karena itu pihaknya akan kembali melakukan koordinasi dengan para pihak.

Bupati juga menegaskan agar tidak ada penolakan dari masyarakat sehingga dibutuhkan pendekatan dan koordinasi lebih instensif dengan semua pihak. Diingatkannya bahwa perlu ditekankan kepada masyarakat yang ada di sumber yaitu Jeruk Manis, Kembang Kuning, dan Tetebatu Selatan bahwa penggunaan mata air tersebut tidak akan mengganggu kebutuhan air mereka.

Kepada pihak rekanan, Bupati meminta kepastian untuk rekondisi atau mengembalikan kondisi jalan maupun infrastruktur lain yang terkena dampak dari proses pengerjaan SPAM tersebut, seperti penggalian.

Keberadaan SPAM ini menjadi solusi kebutuhan air warga selatan dengan memanfaatkan air dari tiga sumber yaitu Barangpanas II (Jeruk Manis), Gawah Buak (Kembang Kuning), dan Sungai Lingkung (Tetebatu Selatan). Ketiga sumber tersebut telah memiliki rekomendasi teknis (rekomtek) dari BWS. Dengan demikian dipastikan bahwa pemanfaatan sumber air ini tidak berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan air di lokasi sumber dan sekitarnya, sebab BWS telah memperhatikan neraca air dan keseimbangannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *