• January 30, 2023
  • Last Update January 30, 2023 6:59 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Sekda Lotim: Moment WSBK Kita Gunakan Memperkenalkan Produk UMKM

Sekda Lotim: Moment WSBK Kita Gunakan Memperkenalkan Produk UMKM

Lotim sergapye -Even internasional Gelaran World Superbike (WSBK) di sirkuit Mandalika tanggal 11-13 November 2022 kemarin tidak hanya menjadi berkah bagi Kabupaten Lombok Timur. Selain menjadi daerah penyangga, daerah dengan sebutan ‘Gumi Selaparang’ ini pun sebagai salah satu alternatif bagi para penonton dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dunia untuk menjadi tujuan wisata mereka.

Pemerintah Lombok Timur memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan berbagai produk lokal yang dikemas dan dijual melalui UMKM Lotim yang ikut ambil bagian pada penyelenggaraan WSBK.

Kabupaten Lombok Timur, adalah kabupaten terdekat dengan Sirkuit Mandalika. Keikutsertaan Pemerintah daerah untuk meramaikan event WSBK dan Moto GP bukan tanpa alasan. Sektor pariwisata plus keanekaragaman kerajinan tangan dan jajanan kuliner menjadi andalan.

“Momentum WSBK dan Moto GP beberapa waktu lalu itu bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk kita. Kali ini Lombok – Sumbawa Fair sudah berdiri tegak di arena sirkuit Mandalika. Kita juga memperkenalkan bahwa SDM Lotim adalah yang ramah. Tidak hanya produk saja, tetapi manusia juga kita perkenalkan,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, Drs. HM. Juaini Taofik, M.Ap kepada wartawan belum lama ini.

Bagi Lombok Timur, kata Juaini Taofik, dampak dari keberadaan Sirkuit Mandalika itu cukup besar. Baik langsung ataupun tidak langsung. Saat ini, manfaat yang bisa diambil tidak serta merta bisa dirasakan secara menyeluruh.

“Hari ini kita menanam tidak bisa langsung memanen. Kita berusaha mengikuti semua event untuk memperkenalkan daerah kita. Menyukseskan orang dulu, baru kita menyukseskan diri kita sendiri,” ujar Juaini Taofik.

Walau diakui, event WSBK tidak seramai event MotoGP. Lebih banyak penonton dari dalam daerah ketimbang dari luar daerah. Tapi terpenting harus dimeriahkan gelaran event ini secara mandiri untuk menarik minat penonton yang lebih banyak dari luar daerah.

Disebutkannya, jumlah tiket dari kalangan ASN yang sudah terjual
2.404 diluar dari pintu-pintu lainnya.

“Penjualan tiket di kalangan ASN tidak melanggar karena sifatnya tidak memaksa. Hanya saja ini cara teknis pemasaran saja,” tandasnya. *

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *