• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Pugar Makam Batu Bangka, Keluarga Tuan Guru Ali Batu Sowan ke Bupati Sukiman Azmy

Pugar Makam Batu Bangka, Keluarga Tuan Guru Ali Batu Sowan ke Bupati Sukiman Azmy

Lotim sergapye-Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menerima kunjungan silaturahmi keluarga TGH Alibatu. Salah seorang keturunan TGH Alibatu, Muhammad Guntur Halba datang bersama keluarga, tokoh agama, dan tokoh masyarakat hadir menyampaikan hajat keluarga untuk mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemda Kabupaten Lombok Timur dalam pemugaran makam Batu Bangka. Turut hadir pada Kesempatan tersebut Kadis Sosial, Kaban PPKAD, Kaban Kesbangpoldagri bertempat di Pendopo Bupati Lombok Timur pada hari Selasa (17/1).

Bupati dalam silaturahmi tersebut menyampaikan bahwa bukan hanya makam TGH. M. Alibatu saja yang dilakukan pemugaran namun makam Almagfurullah Maulana Syaikh TGKH Zainuddin Abdul Madjid telah dilakukan pemugaran beberapa tahun yang lalu. Hal itu, jelas Bupati, merupakan bentuk rasa syukur dan terima kasih masyarakat Kabupaten Lombok Timur atas jasa para tokoh tersebut.

Menanggapi rencana renovasi drainase untuk dijadikan lahan parkir bagi peziarah, Bupati mengingatkan untuk mengantisipasi munculnya sedimentasi pada drainase dan sejumlah solusi lainnya.
Bupati juga berharap kepada keluarga besar TGH. M. Alibatu untuk tetap saling menjaga keharmonisannya. Selain itu ia juga berharap keluarga dapat mengikuti jejak TGH Alibatu untuk memperjuangkan hak umat di masa yang akan datang.

Sebelumnya Guntur menyampaikan penataan kembali makam Batu Bangka merupakan suatu yang baru bagi keluarga, mengingat belum pernah mendapat perhatian terkait kondisi fisiknya. Ia mengakui di era 1998 Pemda telah memberikan insentif bagi juru pelihara makam dan menjadikan peninggalan tersebut sebagai cagar budaya. Ia juga menyampaikan keluarga telah mendirikan museum yang akan diisi benda-benda sejarah maupun duplikat peninggalan yang merupakan bukti sejarah perjuangan TGH Alibatu di masa penjajahan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *