• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Program TPKAD Di Harapkan Dapat Mensejahterakan Masyarakat

Program TPKAD Di Harapkan Dapat Mensejahterakan Masyarakat

Lotim Sergapye – Salah satu upaya pemerintah kabupaten Lombok Timur  mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah melalui program Lombok Timur Berantas kredit melalui kredit tanpa bunga (Berkembang). Program ini dirasa  memberikan manfaat secara langsung bagi para peternak dan UMKM. Hal itu disampaikan Bupati  Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy pada launching pembiayaan kredit mikro kepada peternak sapi kerjasama Pemda dengan PT. Bank Central Asia. (19/12)

Selain memastikan ketersediaan akses keuangan bagi masyarakat yang membutuhkan modal usaha, program itu juga mendorong peningkatan peran industri jasa keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, serta mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif dan inovatif.

Peningkatan dan percepatan akses keuangan masyarakat melalui program yang dikembangkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) itu diharapkan dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat. Bupati juga berharap melalui program itu  para peternak dan pelaku UMKM dapat mandiri dan sukses.

Ia berpesan kepada para penerima program Lotim Berkembang untuk memanfaatkan kredit itu dengan sebaik-baiknya agar  mampu meningkatkan pendapatan keluarga, taat dan disiplin melaksanakan kewajiban membayar angsuran pinjaman, serta, tidak menunggak kredit. Menunggak kredit, kata Bupati, akan merusak kredibilitas yang  dan tercatat dalam daftar black list perbankan yang dapat merugikan diri sendiri ke depan.

Bupati mengingatkan TPAKD agar mengawal program tersebut secara optimal sehingga keberlanjutan dan kesuksesan program itu dapat dijaga serta, kedepannya memberikan dampak semakin luas.

Sementara itu Kepala OJK NTB Rico Rinaldy menyampaikan bahwa program itu bertujuan memberantas rentenir yang sudah merajalela dan merugikan masyarakat. Ia berharap program Lotim Berkembang dapat menjadi batu loncatan mengembangkan ekonomi masyarakat lebih baik.

Direktur BCA  John Kosasih turut mengapresiasi pemerintah yang telah memberi program untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya adalah melalui KUR yang dapat memulihkan stabilitas ekonomi nasional di tengah ketidakpastian global di tahun 2023. “Pemerintah bekerjasama dengan swasta termasuk BCA  bersinergi menyediakan fasilitas pendanaan di berbagai sektor, salah satunya sektor perdagangan,” ujarnya.

Sektor perdagangan dinilainya memberikan kontribusi nyata membantu masyarakat, khususnya  peternak sapi. “Perhatian dalam bentuk pembiayaan tersebut diharapkan dapat memberikan korelasi yang positif terhadap peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, khususnya di Lotim dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup demi masa depan yang lebih baik,” katanya.

Acara yang berlangsung di Pendopo Bupati itu dirangkaikan dengan penyerahan cinderamata dari Direktur BCA kepada Bupati Lombok Timur dan Kepala OJK dan sebaliknya.

Acara tersebut dimeriahkan Gendang Beleq dan Tarian Kembang Sembah dari tim BCA.

Jajaran pimpinan OPD lingkup kabupaten Lombok Timur dan kelompok peternak sapi penerima juga menghadiri kegiatan tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *