• April 17, 2024
  • Last Update April 17, 2024 6:19 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Penuhi Kebutuhan Air Warga Selatan, Pemkab Lotim Akan Suling Air Laut Menjadi Air Tawar

Penuhi Kebutuhan Air Warga Selatan, Pemkab Lotim Akan Suling Air Laut Menjadi  Air Tawar

Lotim  sergapye— Lombok Timur akan menerapkan teknologi cukup canggih mengubah air laut menjadi air tawar. Pengelolaan air bersih itu akan di peruntukan ke masyarakat.

Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menandatangani nota kesepahaman bersama PT. Kurnia Maritim Mahaguna Indonesia (KMMI). Penandatanganan dilakukan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dan Direktur Utama PT. KMMI Hendro Budianto .

Disaksikan Sekretaris Daerah dan sejumlah pimpinan OPD seperti Dinas PUPR, Bappeda, dan Bapenda, juga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur, penandatanganan berlangsung di Ruang Rapat Bupati.l, Jumat 4 Agustus 2023

Bupati Sukiman dalam sambutannya menyampaikan Pemda Lombok Timur terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan, termasuk di  wilayah selatan dengan perbaikan infrastruktur jalan, juga pemenuhan kebutuhan air bersih. Ia menjelaskan sejumlah upaya yang telah dan tengah dilakukan termasuk kaitannya dengan proyek SPAM pantai selatan. Karena itu ia berharap PT. KMMI dapat segera bekerja dan mewujudkan harapan masyarakat selatan akan air bersih yang tersedia sepanjang tahun.

Bupati, selain menyampaikan terima kasih kepada semua pihak sehingga penandatanganan kesepahaman tersebut terwujud, juga mengingatkan agar Sekretaris Daerah dapat mengawal kegiatan tersebut dan memberikan solusi ketika terdapat kendalanya atau hambatan dalam proses selanjutnya. Hal itu diingatkannya menyusul masa jabatan yang akan berakhir September mendatang.

Direktur Utama PT. KMMI mengaku memiliki harapan serupa, yaitu agar kegiatan ini dapat segera berjalan. Ia pun mengingatkan penting untuk segera melakukan aksi dengan tidak terlalu banyak diskusi yang tidak penting. Dikatakannya bahwa usai penandatanganan kerja yang lebih keras lagi harus dilakukan.

Sebelumnya Hendro memaparkan rencana desain yang akan dilakukan terkait penyulingan air laut yang tidak hanya menghasilkan air tawar, tetapi juga klorin hingga garam yang dapat mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Air bersih yang dihasilkan dari proses detilasi tersebut akan disalurkan ke sambuangan rumah (SR) milik PDAM Lombok Timur.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *