• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Musyawarah Besar ke Dua Forum Jurnalis Lombok Timur Usung Wartawan Profesional di Era Digital

Musyawarah Besar ke Dua Forum Jurnalis Lombok Timur Usung Wartawan  Profesional di Era Digital

Lotim Sergapye -Forum jurnalis Lombok Timur (FJLT) terus berkarya melalui tulisannya dan menjadikan para jurnalis yang tergabung wadah ini menjadi wartawan yang profesional. Menyambut hari jadinya yang kedua, Di usia yang ke dua tahun, Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) dengan mengisung tema “Jurnalis Profesional di Era Digital”

Pengurus dan anggota FJLTDI bersepakat kegiatan Mubes ini akan di adakan dua hari, yakni dari tanggal 5 – 6 November 2022 .

Ketua panitia Mubes Fatih Kudus Jaelani  mengatakan, Mubes sendiri niatannya di lakukan selain pemilihan Ketua , sekertaris , bendahara juga agar para wartawan memiliki ruang bersama dalam menjalin silaturrahmi, dan penguatan kapasitas menuju profesionalisme, sesuai dengan tema yang di angkat “Jurnalis Profesional di Era Digital”.

“Di mubes FJLT ke dua ini, tema ini sebagai penegas keberadaan FJLT di Lombok Timur. Kita ingin menguatkan peran FJLT, selain wadah silaturrahmi juga sebagai penguat kapasitas jurnalis profesional,” ucapnya.

Lebih lanjut Fatih mengatakan, dewasa ini profesionalitas jurnalis mulai di pertanyakan di era digital sekarang ini.

Sebabnya adalah, saat ini menjamurnya media menyebabkan tenaga profesi yang bernama jurnalis seringkali tidak di barengi dengan skill yang harus di miliki.

“Sekarang banyak media, namun saking banyaknya seringkali tidak selektif dalam menentukan siapa yang akan mengemban amanah, karena memang siapapun bisa dengan mudah menjadi jurnalis,” katanya.

“Oleh karenanya, FJLT ingin menguatkan jurnalis agar kita bersama menjadi jurnalis profesional. Sehingga marwah profesi kita bisa terjaga di hati masyarakat dan pemerintah pada umumnya,” lanjutnya.

Kegiatan Mubes nantinya akan di gelar dua hari, pada tanggal 5 dan 6 november, terpusat di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) Lombok Timur yang berlokasi di Desa Lenek, Lombok Timur.

Adapun rangkaian kegiatan nantinya di hari pertama akan ada pojok jurnalis dengan diskusi bertema “Marwah Jurnalis Lombok Timur di Mata Narasumber”

Narasumbernya sendiri akan ada dari Pemda, perwakilan jurnalis, dan juga lembaga sosial masyarakat.

Di hari yang sama sore harinya akan ada diskusi ke dua, tentang peran jurnalis dalam mengembangkan pendidikan vokasi dan produktifitas di Lombok Timur.

Diskusi tesebut dilakukan kaitannya sebagai upaya jurnalis dalam menjembatani pemerintah dalam menginformasikan pelatihan, dan juga jembatan masyarakat dalam mencari informasi mengenai lapangan pekerjaan.

“Dikarenakan memang masih banyak masyarakat yang ada di Lombok Timur yang masih belum mengetahui sumber-sumber pekerjaan,” ungkapnya.

Kemudian minggu harinya akan di lanjutkan Mubes yang di rangkai dengan pemilihan ketua dan wakil ketua FJLT yang baru.(bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *