• December 10, 2022
  • Last Update December 9, 2022 9:50 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Isu Santet, Rumah Nenek 70 Tahun di Porak Porandakan Warga yang Beringas

Isu Santet, Rumah Nenek 70 Tahun di Porak Porandakan Warga yang Beringas

Loteng Sergapye— Di zaman modern sekarang ini masih saja ada masyarakat yang terprovokasi isu santet, ironisnya rumah korban yang dituduh tukang santet di porak porandakan.

Kejadiannya di Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. “Agar kasusnya tidak semakin meluas, kami bersama Perangkat Desa dan tokoh masyarakat melakukan mediasi antara pihak keluarga papuk K, (70)  yang dituduh tukang santet dengan warga,” kata Kapolres Lombok Tengah melalui Kapolsek Praya Timur IPTU Supardi, Sabtu (19/11).

Kapolsek menjelaskan bahwa, warga Desa persiapan Jeropuri Kecamatan Praya Timur digegerkan dengan rumor adanya santet yang mengakibatkan salah satu warga setempat meninggal dunia dan berujung pengerusakan rumah Inaq K yang diduga memiliki ilmu santet, Kamis malam (17/11).

Kapolsek Praya Timur bersama dengan Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat sudah melaksanakan himbauan kepada masyarakat serta mediasi dibalai Desa guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Alhamdulillah, kedua belah pihak sudah ada kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan,” tutur Kapolsek.

Kapolsek mengatakan bahwa, sebenarnya permasalahan tersebut berawal dari empat hari yang lalu, yakni ketika salah satu warga setempat  Amaq U yang meninggal. Pihak keluarga Amaq U menduga bahwa kematiannya akibat terkena santet.

Kapolsek mengatakan, pihaknya bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat akan terus berperan aktif untuk memberikan edukasi kepada warga agar permasalahan rumor santet tidak membesar lagi.

“Kami bersama tiga pilar secara rutin akan memberikan himbauan dan edukasi di Desa setempat untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan itu,” tutup Kapolsek.*

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *