• June 20, 2024
  • Last Update June 20, 2024 9:26 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Menteri Pertanian Panen Cabai di Kelayu Jorong Lombok Timur

Menteri Pertanian Panen Cabai di Kelayu Jorong Lombok Timur

Lotim sergapye— Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan melakukan gerakan tanam dan panen cabai di Kelurahan Kelayu Jorong  Lombok Timur Kamis (14/9).

Kedatangannya disambut hangat Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj Wabup yang berharap kehadiran Mentan membawa keberkahan bagi masyarakat Lombok Timur, secara umum, dan petani khususnya.

Rumaksi selanjutnya mendampingi Mentan bersama warga memetik cabai menandai panen di wilayah tersebut.

Dari Kelurahan Kelayu Jorong rombongan bertolak ke desa Kerongkong yang juga merupakan lokasi panen. Menteri dalam sambutannya memuji para petani dan kesuburan tanah di daerah ini. Ia mengakui hal itu setelah berkeliling dan menyaksikan panorama sekitar. Menurutnya beragam komoditas, tidak hanya cabai, dapat tumbuh dengan baik. Karena itu Ia meminta masyarakat tetap mempertahankan dan melestarikan alam.

Melihat kondisi alam itu pula ia mengingatkan banyak lapangan pekerjaan tersedia, khususnya di sektor pertanian, “pertanian adalah kekuatan bangsa, jago pertanian, kokoh bangsa Indonesia, termasuk di Lotim,” ungkapnya.

Berkat pertanian pula, ia menyebut selama tiga tahun terakhir inflasi Indonesia terendah di dunia, sebab pertanian tetap terjaga, termasuk sepanjang pandemic covid-19. Ia bahkan menyebut petani sebagai pahlawan “Petani tidak pernah takut dengan covid-19, jadi petani itu adalah pahlawan bangsa,” ujarnya bangga. Untuk itu Ia pun menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para petani.

Mentan juga mencatat potensi Lombok Timur dengan luas tanam 28 ribu hektar, dan musim tanam 2-3 dalam setahun, menghasilkan 300 ribu ton gabah setara 180 ribu ton beras. Kondisi ini patut disyukuri sebab masyarakat tidak perlu khawatir soal pangan. Terlebih didukung kekompakan dan sinergi semua pihak.

Ia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang ada, termasuk hasil produksi pertanian guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Selain melakukan panen, Mentan bersama sejumlah undangan juga melakukan penanaman bibit cabai. Kegiatan tersebut dihadiri pula Pemerintah provinsi NTB, Forkopimda, Kadis Pertanian, Camat Selong, Lurah, dan tokoh masyarakat setempat.

Mentan dan rombongan juga menyimak pemaparan kelompok tani terkait analisis usaha pertanian cabai oleh petani, serta meninjau stand pameran hasil pertanian.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *