• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Media Gledek Genap 20 Tahun, Konsistensi dan Profesionalitas Jadi Semangat Utama

Media Gledek Genap 20 Tahun, Konsistensi dan Profesionalitas Jadi Semangat Utama

Lotim Sergapye – Media Gledek merayakan hari jadinya yang ke 20. Peringatan hari jadi Gledek kali ini mengangkat tema ‘Bersinergi Membangun Daerah Sebagai Pilar Demokrasi’.

Peringatan hari jadi Media Gledek dirangkai menarik, dengan mengundang beberapa stakeholder civil society terkait, semisal Sekretaris Daerah, Kapolres, Dandim, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Lombok Timur.

Tak lupa juga, di acara peringatan hari jadi Media Gledek juga dihadiri oleh semua insan pers Lombok Timur, perwakilan asosiasi dan organisasi media, aktivis dan beberapa pentolan LSM Lombok Timur.

Direktur Media Gledek, H Hulain menyatakan jika Media Gledek telah beberapa kali bermetamorfosis dengan berubah nama. Di awal berdirinya, Media Gledek bernama Gledek Post, kemudian di tahun 2004 mengangkat nama Gledek Nusantara, saat masih terbit dalam bentuk cetak (tabloid, red).

“Kemudian di tahun 2020, di tengah arus informasi dan digitalisasi yang begitu kuat, akhirnya Media Gledek bermigrasi menjadi media online, dengan nama GledekNews.com,” papar H. Hulain dalam sambutannya.

Dia pun menyatakan, di awal berdirinya, saat media Gledek masih terbit dalam bentuk tabloid, hanya akan terbit apabila ada kasus korupsi. Namun atas dasar berbagai macam pertimbangan, setelah berbasis media online, Media Gledek adaptif dan menyesuaikan diri menjadi media yang konsisten memuat berita dari semua segmen.

“Awalnya dulu Media Gledek hanya akan terbit apabila ada kasus korupsi. Tapi itu sangat-sangat memukul psikologi keluarga terduga pelaku korupsi. Hingga akhirnya Media Gledek mengangkat semua segmen, untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,” tuturnya.

Masih lanjut dia, sebagai pilar ke empat demokrasi, Media Gledek akan tetap konsisten dalam relnya, menjadi alat dan instrumen kontrol pembangunan bagi pemerintah dalam semua tingkatan.

“Saya pastikan Media Gledek akan tetap konsisten dengan memegang teguh kode etik jurnalistik untuk menjadi pilar demokrasi dan kontrol utama pilar pembangunan, agar pembangunan di Lombok Timur tetap berpegang teguh pada partisipasi, transparansi dan memegang teguh akuntabilitas,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lombok Timur, HM Juaini Taufik menyatakan kesannya kepada Media Gledek sebagai salah satu media yang konsisten dalam mengawal pembangunan daerah di Lombok Timur.

“Media Gledek adalah salah satu media yang konsisten, dan selalu memberi warna positif dalam mengawal pembangunan di Lombok Timur,” paparnya.

Tak lupa juga, mewakili Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, dirinya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Media Gledek yang ke 20. Di mana kata dia, Media Gledek harus tetap mempertahankan eksistensi dan kontrol kritisnya kepada pemerintah, dengan tetap mempertahankan profesionalisme dalam setiap produk jurnalistiknya.

“Tidak bisa kita membandingkan semua profesi dan lembaga secara evel to evel, misalnya antara media dengan birokrat, begitupun dengan LSM dan aparat penegak hukum. Masing-masing memiliki koridor yang berbeda, dan standar profesionalisme yang berbeda. Profesionalitas masing-masing harus beriringan, agar tercipta harmonisasi dalam pembangunan,” tukasnya.

Di acara peringatan hari jadi Media Gledek ke 20 ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan (award, red) kepada beberapa tokoh yang dinilai memberikan sumbangsih dan warna positif terhadap perkembangan dunia jurnalistik di Lombok Timur.

Penghargaan pertama diberikan kepada Bupati HM Sukiman Azmy dan Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi SJ atas jasanya dalam mendukung perkembangan dunia jurnalistik di Lombok Timur.

Kemudian penghargaan kedua diberikan kepada Sekretaris Daerah Lombok Timur, HM Juaini Taufik atas kiprahnya selaku pejabat yang dinilai paling kooperatif dan komunikatif di Lombok Timur.

Penghargaan berikutnya diberikan kepada Kapolres Lombok Timur dan Dandim 16/15 Lombok Timur yang telah meneguhkan komitmen dan sinergitasnya dalam mendukung kerja-keja jurnalistik para insan pers di Lombok Timur.

Penghargaan juga diberikan kepada empat insan pers Lombok Timur yang dinilai telah memberikan dedikasi dan warna baru dalam perkembangan dunia jurnalistik di Lombok Timur.

Pertama diberikan kepada dua wartawan senior yakni kepada Direktur Satu Nusa, Widiyanto dan wartawan Lombokita, Dimyati yang dinilai telah memberikan dedikasi yang begitu tinggi dalam hidupnya untuk memajukan dunia jurnalistik di Lombok Timur.

Kemudian penghargaan berikutnya diberikan kepada dua wartawan muda Lombok Timur, yakni wartawan Opsi NTB, Ahmad Yani dan wartawan Corong Rakyat, Alpin Jauhari yang dinilai sebagai sosok wartawan muda berintegritas dan memberi warna baru dalam dunia jurnalistik di Lombok Timur.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *