• December 9, 2022
  • Last Update December 9, 2022 9:50 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Masjid Jami’ Al Umari Kelayu Potong Hewan Kurban 40 Ekor Sapi

Masjid Jami’ Al Umari Kelayu Potong Hewan Kurban 40 Ekor Sapi

Lotim Sergapye–Masjid Jami’ Al-Umary Kelayu Lombok Timur, salah satu Masjid terbanyak penyembelihan hewan kurban di daerah Gumi Selaparang
Pada idul adha 1441 H, panitia mendapat sebanyak 40 ekor sapi. Meski ekonomi sulit ditengah pandemi Corona, hajatan masyarakat untuk berkurban masih relatif tinggi.


Sekretaris Umum Masjid Jami’ Al-Umary, Muhammad Yani kepada sergapye.com mengatakan, tahun ini pelakasanaan pemotongan hewan kurban dilaksanakan selama 2 hari, dari hari Sabtu dan Ahad. Hari Jumat karena hari pendek kita fokuskan untuk sholat Idul Adha dan persiapan lainnya.

Tahun ini masjid menyiapkan 40 ekor sapi kurban dan sudah siap untuk di potong. “40 ekor sapi ini merupakan hasil dari swadaya masyarakat Kelayu, sedangkan dari pemerintah untuk tahun ini tidak ada menyumbang hewan kurban, tahun lalu saja ada sumbangan hewan kurban dari pak Jokowi,”ujarnya Kamis 30 Juli 2020.

Adapun yang menerima paket daging kurban tahun ini berjumlah sebanyak 5368 orang, yang terdiri dari 3368 mustahik murni, 500 dari panitia kurban, dan sisanya sekitar 450 orang.

Cara pendistribusiannya pun berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana tahun ini pembagian paket diambil oleh masing-masing kepala lingkungan untuk dibagikan kepada mustahik murni yang ada dilingkungannya.
“Ada 8 kepala lingkungan yang masing-masing berada di daerah Kelayu Selatan dan Utara, nantinya kepala lingkungan ini kita panggil untuk membawa paket daging kurban untuk dibagikan ke mustahiknya, cara ini kita ambil untuk menghindari terjadinya kerumunan di masjid guna mencegah penyebaran virus covid-19” imbuhnya.(bayu/agus)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *