• July 20, 2024
  • Last Update July 18, 2024 1:32 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Mahasiswi IAIH Pancor Sabet Juara 3 Lomba Bidang Akidah Akhlak

Mahasiswi IAIH Pancor Sabet Juara 3 Lomba Bidang Akidah Akhlak

Lotim Sergapye – Olimpide Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Seni Islam 2024 tingkat Nasional ini diselenggrakan oleh Himpunan  Mahasiswa   Pendidikan Agama Islam (HIMAPAI) se-Indonesia di Universitas Islam Negeri Sayyid Rahmatulloh, salah satu Perguruan Tinggi di Jawa Tengah.

Pelaksanaan kegiatan ini  berlangsung sejak  28 juni 2024 yang dimulai babak penyisihan sampai dengan babak final. Olimpide Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan seni Islam menyelenggarakan beragam cabang lomba yang terkait dengan PAI seperti Bidang akidah Ahlak , PAI dan Fiqih.

Kegiatan Olimpide Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan seni Islam ini diikuti oleh mahasiswa Prodi PAI se-Indonesia dari beberapa perguruan tinggi islam di Indonesia baik PTN maupun PTS. Pelaksanaan kegiatan ini berlngsunng secara online yaitu pada babak penyisihan perserta menjawab 50 soal essay melalui auto protect di website, dan pada babak semi final dn final peserta megikuti lomba secara interaktif melalaui zoom menjawab pertanyaan tentang  materi  PAI.

Dalam kegiatan ini, Fakultas Tarbiyah IAIH Pancor mengutus 1orang mahasiswi Progrm Studi PAI untuk mengikuti 1 cabang lomba yaitu Bidang akidah Ahlak. Atas nama Sofiatun Jalilah (Semester 6 Prodi. PAI) berhasil menyabet Juara 3 dari 10.312 peserta yang berasal dari hampir seluruh Perguruan TinggiKeagamaan Islam se-Indonesia baik negeri maupun swasta.

Perolehan juara ini menambah daftar prestasi Mahasiswa/wi IAIH NW Pancor pada ajang kompetisi  tingkat Nasional. Beberapa bulan lalu Mahasiswi IAIH Pancor juga berhasil meraih juara 1 pada MTQ Nasional Himpunan Mahasiswa PAI se-Indonesia, kategori Musabaqah 100 Hadis Bersanad yang diselenggarakan oleh  Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, Sumatera Utara.

Dalam pandangan Dekan Fak. Tarbiyah, Dr. Idawati, M. Pd.:  Partisipasi dan prestasi Mahasiswa/wi IAIH Pancor di ajang kompetisi tingkat nasional seperti ini merupakan unjuk bukti bahwa IAIH mampu berbicara di level nasional dengan capaian-capaian yang membanggakan. Hal ini juga menjadi pembuktian kesuksesan proses akademik dan non-akademik yang berhasil menfasilitasi dan mensupport setiap potensi, bakat dan minat mahasiswa dalam berbagai bidang, menghasilkan lulusan yang kompetitif, siap bersaing di masa depan.

Pembinaan dan pengembangan Mahasiswa/wi berprestasi di Kampus IAIHmenjadi salah satu core program yang terus digalakkan sebagai bagian dari upaya mengangkat grade Kampus IAIH pada level nasional bahkan internasional di masa-masa yang akan datang. Jadi, ajang kompetisi seperti ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan oleh mahasiswa, tapi harus berpartisipasi aktif dan terus mengasah kemampuan dan daya saing baik pada level regional, nasional bahkan internasional Dengan kesuksesan yang telah diraih ini, mewakili lembaga saya sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah menyampaikan apresiasi yang setinggi-setingginya kepada semua pihak, para pembina/mentor, para kaprodi dan lain-lain  yang telah membantu kelancaran proses kegiatan ini ungkapnya.

 

Menurut Kaprodi PAI Khairul Hafizin, M.Pd.I upaya-upaya seperti ini merupakan bentuk pelayanan kepada mahasiswa dalam rangka pengembangan bakat dan minat merekaselain Himpunan Mahasiswa Jurusn (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang telah ada seperti UKM Bahasa Asing, UKM Riset, Pusat Studi Lingkungan, UKM Hamilul Qur’an dan lain-lain.  

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *