• April 17, 2024
  • Last Update April 17, 2024 6:19 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Hujan Deras di Kecamatan Moyohulu Sumbawa Empat Desa Dihantam Banjir

Hujan Deras di Kecamatan Moyohulu Sumbawa Empat Desa Dihantam Banjir

Sumbawa sergapye-Hujan deras yang terjadi di Kecamatan Moyo Hulu Sumbawa mengakibatkan empat desa di daerah itu terendam banjir. Besar air yang mengalir v ditengah perkampungan warga mengakibatkan puluhan ternak, mobil terseret arus banjir.

Air berwarna kecoklatan yang menggenangi membuat jalan perkampungan berubah seperti sungai. Deras aliran banjir membuat panik dan sejumlah warga berteriak minta tolong dan berteriak Allahu Akbar.

Pada hari Sabtu tanggal 4 April 2023,Pukul 15.30 wita kejadian bermula dari derasnya hujan di daerah tersebut. Air sungai vdi empat desa meluap ke daratan, desa yang terdampak banjir yakni Desa Berang Rea, Desa Sabasang, Desa Batu Tering dan Desa Lito.

Dari data yang diterima sergapye di Desa Berang banjir menimpa empat rumah warga masing-masing rumah milik Hamsah jema, Kurniawan, Rt Herman M. Yasin dan rumah Sapriadi semua nya berada di RY006 RE 003 Dusun Berang Belo.

Banjir di Desa Sabasang menimpa  rumah
JUNAIDI M. AMIN, Rt 001 Rw 002 Dusun Sebasang A Desa Sebasang ( 1 Unit Mobil Suzuki Jimny dan 1 unit Bak Dam Truk).

Sementara di Dusun SELA Desa Batu Tering menimpa rumah Salamudin, M Sait, Makasau, Manusung, Ari Feriansyah.

Korban di Desa Lito yakni rumah milik Joni, Ruslan, A. gani, Muhammad dan Kamaluddin.

Selain Itu banyak Desa Lito, Luapan Air Sungai menggenangi sawah dan seluruh Rumah Milik Warga Setinggi Lutut Orang Dewasa ( sejumlah ratusan KK).

Khusus di Desa Sebasang Beberapa Ruas Jalan Mengalami Kerusakan terkikis air bah ), sedangkan di Desa Lito Jembatan Penghubung Desa Lito – Desa Lantung jebol fi Bagian ujung Selatan Sehingga Menyebabkan Putusnya Akses Jalan serta tiang penyanggah Jembatan Mengalami Penurunan akibat tergerus air.

Saat ini Air Sungai Di 4 Desa tersebut dilaporkan telah Surut, namun masih menyisakan puing²l Pepohonan yang menutupi badan jalan hingga rumah warga.

Luapan Sungai di 4 Desa pada wilayah Kec. Moyo Hulu, serta berdampak pada pemukiman warga yang berada di Bantaran Sungai.Selain Rumah, Kendaraan Beberapa Warga di 4 Desa tersebut juga mengalami Kerugian Materil Berupa tanaman padi di sawah danHewan Ternak yang Hilang Terbawa arus. Juga terdapat jembatan yang terputus akibat hantaman air bah.

Saat ini  yang Sangat di Butuhkan Khususnya Warga Desa Lito yaitu Air Bersih, karena sumber mata air Warga desa lito berada di bantaran sungai, sehingga untuk sementara tidak dapat di manfaatkan oleh warga.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *