• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Gelar Media Gathering, KPU Ajak Insan Pers Lombok Timur Sukseskan Pemilu 2024

Gelar Media Gathering, KPU Ajak Insan Pers Lombok Timur Sukseskan Pemilu 2024

Lotim Sergapye – Sebagai penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Lombok Timur mengajak insan pers di daerah ini bertemu yang dikemas dalam bentuk    Media Gathering di Hotel Nirvana , Tete Batu. Minggu (25/12)

Puluhan wartawan baik media cetak, TV dan online mengikuti Media gathering  bertemakan “Kolaborasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur bersama media dalam mensukseskan tahapan pemilu 2024.”

Ketua KPu Lombok Timur Drs Junaidi saat memberi pemaparan  mengatakan Sesuai dengan PKPU tahapan pemilu sudah dimulai dan prosesnya sampai tanggal 14 Desember 2022 dan telah ditetapkannya 17 parpol Nasional dan 6 parpol lokal Aceh oleh KPU RI sebagai peserta pemilu.

Saat ini KPU Lotim menjalankan tahapan yang sedang dilaksanakan yakni perekrutan anggota PPS sampai dengan 30 Desember 2022, dan test tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 11 Januari 2023 mendatang.

” Saya berterima kasih kepada teman teman  media yang selama ini mendukung kinerja KPU,”ujarnya.

Diskusi antara KPU dan wartawan  dipandu oleh komisioner  Devisi Sosialisasi Atharuddin. Sementara komisioner NTB bidang   Hukum dan Penindakan Dr Yanmarli, menyampaikan banyak isu – isu hangat ada di tabulasi terkait dengan kampanye curi start, hal itu yang perlu didiskusikan, juga terkait dengan partai yang tidak lolos verifikasi faktual perbaikan kemarin yang hasilnya sudah ditetapkan namun mengajukan gugatan ke Bawaslu RI.

“Untuk partai Ummat yang tidak lolos verifikasi faktual perbaikan disepakati dilakukan verikasi faktual lanjutan di dua provinsi dan NTB tidak termasuk di dalamnya,” jelasnya.

Selanjutnya tahapan yang dilakukan KPU, sebut Yanmarli, bahwa dimana saat ini sedang dilakukan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan setelah itu baru akan ditunjuk Pantarlih untuk melakukan pencoklitan yang selanjutnya nanti diakhir menjelang pemungutan suara akan direkrut Anggota KPPS di tingkat TPS.

Lanjut Yanmarli, terkait dengan penataan daerah pemilihan (dapil) bahwa sesuai dengan peraturan terbaru, dimana KPU RI diberikan kewenangan penuh untuk menentukan dan penetapan dapil.

“Karenanya KPU Provinsi dan KPU Kabupaten diperintahkan oleh KPU RI untuk melakukan penyusunan dan perancangan dapil. Dan hal tersebut sudah dilakukan baik itu tanggapan masyarakat dan uji publik. Dan untuk pleno di KPU provinsi sudah dilakukan termasuk sumbit atau input laporan ke KPU RI, sehingga tinggal menunggu hasil dan penetapan,” rincinya.

Di Lombok Timur, ada 3 (tiga) rancangan dapil. Ditegaskan kembali oleh Yanmarli, bahwa tidak ada kewenangan KPU NTB dan KPU Lotim untuk dilakukan penetapan hanya sebatas memberikan catatan dan masukan.

“Sementara untuk menetapkan dapil tetap menjadi kewenangan KPU RI dan itu yang akan kita tunggu hasilnya,” tegasnya.

Disampaikan  Yanmarli, bahwa Saat ini sedang dilakukan penerimaan pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dimana sampai saat ini masih sebanyak 29 orang yang mengambil akun silon untuk meng-upload dukungannya.

“Sampai saat ini sejak dibuka pendaftaran Anggota DPD, dari 29 orang yang mengambil akun silon, baru 2 orang yang menyerahkan menyerahkan berkas pendaftaran dan dukungannya, jika sampai saat penutupan masih jumlahnya tidak memenuhi bisa saja akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran,” sebutnya.

Terakhir dari kordiv Perencanaan dan data KPU Lotim, H. Mulyadi, menyampaikan sampai saat ini Jumlah penduduk sebanyak 920.029 jiwa dengan jumlah TPS sebanyak direncanakan sebanyak 4.321 buah TPS yang ada di lotim pada pemilu 2024 mendatang.

“Data penduduk Lombok Timur yang wajib pilih sampai saat ini sebanyak 920.029 jiwa bisa saja bertambah setelah dilakukan pencoklitan oleh petugas pantarlih nantinya,” tutupnya.(Bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *