• March 4, 2024
  • Last Update March 3, 2024 4:09 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Enam Jurnalis Lombok Timur Mengikuti Uji Kompetensi Wartawan 2024

Enam Jurnalis Lombok Timur Mengikuti Uji Kompetensi Wartawan 2024

Lotim sergapye–Enam Jurnalis dari Lombok Timur akan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar PWI Pusat bekerjasama dengan Bank Mandiri. Kegiatan tersebut akan digelar dua hari di sebuah hotel di Kota Mataram, Kamis dan Jumat (17-18) Januari 2024 mendatang.

Keenam jurnalis tersebut berasal dari media online, dua orang mengikuti UKW tingkat Madya yakni Ruhaili dan   Suhaedi. Sementara tiga orang mengikuti tingkat muda masing masing Amrullah,, hulyani dan yatna..

Peserta UKW dari Lombok Timur akan bergabung dengan puluhan jurnalis dari seluruh Kabupaten/Kota se NTB. Rencananya dibuka Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Aryadi dan dihadiri sejumlah pejabat NTB lainnya.

Ketua PWI Lombok Timur, H. Muludin mengatakan kegiatan UKW akan mendorong wartawan menjadi lebih kompeten dan profesional dalam melaksanakan kerja jurnalistik.

Kegiatan UKW sudah menjadi kalender tahunan  PWI pusat yang digelar secara mandiri maupun bekerjasama dengan pemerintah daerah, pihak swasta, BUMN dan perbank.kan serta yang lainnya.

Jumlah jatah peserta yang terbatas pada setiap UKW membuat masing masing daerah mengirimkan anggota yang harus diseleksi.  Diantaranya aktif melaksanakan kerja jurnalistik dan memenuhi persyaratan UKW dari PWI Pusat dan dewan pers.

” UKW awal tahun ini kami mengirimkan lima wartawan, tiga orang untuk jenjang muda dan dua orang untuk tingkat muda. Sedang satu jatah Lotim untuk wartawan utama terpaksa dilepas karena belum ada yang memenuhi syarat,”ujarnya.

PWI Lombok Timur lanjut Muludin akan terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para jurnalis di daerah, baik melalui pembekalan dan pelatihan termasuk dengan menyertakan jurnalis mengikuti UKW.

Ini menjadi   program PWI Lombok Timur tahun 2024. “Dengan berbagai kegiatan tersebut, diharapkan para jurnalis lebih profesional dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kerja jurnalistik.

“Sebagai pilar ke empat demokrasi wartawan Indonesia termasuk yang ada di Lombok Timur memiliki peran penting dan strategis dalam menyampaikan sebuah kebenaran ke masyarakat dan berperan penting menangkal berita hoax,” ujarnya seraya menambahkan dalam bekerja wartawan dilindungi UU.(Bayu)

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *