• April 17, 2024
  • Last Update April 17, 2024 6:19 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Desa Kumbang Wakili Lombok Timur Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB

Desa Kumbang Wakili Lombok Timur Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB

Lotim sergapye–Sebuah prestasi di raih Desa Kumbang Kumbang, Kecamatan Masbagik mewakili Lombok Timur dalam Lomba. Desa ini mewakili daerah Gumi  Selaparang pada lomba Desa/Kelurahan tingkat provinsi NTB. Penilaian terhadap desa kumbang berlangsung Selasa (20/6).

Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy menerima tim penilai yang diketuai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. NTB Yus Harudian Putra.

Bupati dalam kata penerimaannya, selain mengakui capaian dan prestasi desa kumbang, juga mengingatkan pentingnya inovasi untuk peningkatan pendapatan asli desa (PADes). Ia membandingkan jumlah dana desa yang diperoleh dengan PADes yang dihasilkan. Ia berharap ke depan pemerintah desa dapat mendorong peningkatan PADes melalui ide segar dan dukungan masyarakat serta tokoh masyarakat setempat.

Selain itu Bupati juga berharap desa kumbang dapat memenuhi persayaratan untuk menjadi juara pada lomba kali ini sehingga dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

Ketua tim penilaia lomba desa/kelurahan, usai memperkenalkan anggota timnya, juga mengakui berbagai prestasi yang telah diraih desa tersebut. Dintaranya melalui aspek tata kelola pemerintahan yang menjadi salah satu indikator penilaian. Keberhasilan desa kumbang sebagai salah satu desa percontohan anti korupsi dan menjadi peringkat ke-tiga se-Indonesia adalah jaminannya. Yus Harudian menjelaskan selain tata kelola pemerintahan, penanganan stunting dan kemiskinan ekstrim juga  menjadi aspek penilaian.

Diharapkan lomba ini dapat memacu semangat desa untuk terus berbenah. Tidak hanya desa yang mengikuti lomba, melainkan juga desa-desa lainnya. Ia mengakui adanya tren peningkatan nilai desa/ kelurahan dalam penilaian lomba ini.

Desa kumbang merupakan desa hasil pemekaran dari desa danger pada tahun 2010 lalu. Meski begitu desa ini telah membukukan sejumlah prestasi baik di lingkup kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Prestasi tersebut diantaranya tahun 2021, Desa Kumbang terpilih sebagai Desa Terbaik 5 (lima) dalam Apresiasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Desa yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi RI dan terbaik ke-tiga pada lomba desa anti korupsi yang diselenggarakan KPK RI.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *