• May 19, 2024
  • Last Update May 19, 2024 12:35 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Apel SERPAS, PJ Bupati Lombok Timur Imbau Personil TNI Polri “Full Senyum”

Apel SERPAS, PJ Bupati Lombok Timur Imbau Personil TNI Polri “Full Senyum”

Lotim Sergapye Menjelang pemungutan suara, Digelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pungut Suara Pemilu Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Lombok Timur, Selasa  (12/2).

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan, serta pemeriksaan perlengkapan pengamanan Pemilu oleh unsur TNI, Polri, Linmas, serta OPD terkait. Bersama Kapolres Lombok Timur AKBP Hariyanto dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1615 Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik memastikan setiap pasukan.

Pj. Bupati Lombok Timur optimis terhadap sinergisitas dan kekompakan dalam mendukung pelaksanaan Pemilu, sehingga akan terwujud Pemilu yang aman dan damai di Lombok Timur. Meski begitu ia mengingatkan agar seluruh personil yang akan bertugas di TPS, di samping melaksanakan pengamanan, diharapkan juga dapat memberikan bantuan pelayanan terbaik sesuai dengan kapasitas dengan tidak mengganggu jalannya  teknis di masing-masing TPS. Ia percaya dengan komunikasi yang baik masyarakat akan merasa semakin aman dan nyaman menyalurkan hak pilihnya. Hal itu pula diharapkan dapat mendukung tingkat partisipasi masyarakat kendati cuaca kurang mendukung karena dalam musim penghujan.

Sebelumnya,  Kapolres Lombok Timur menekankan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan bersama, yakni sinergi dan kolaborasi antar instansi, komitmen terhadap netralitas, peran aktif dalam pengamanan TPS, pelayanan dan tanggap terhadap masyarakat, sikap professional serta etika kerja. Selanjutnya ia juga berpesan agar seluruh personel pengamanan untuk bekerja keras menjaga keamanan dan ketertiban dalam proses demokrasi ini, “Mari kita bekerja keras dan berdoa bersama agar Pemilu ini berjalan dengan lancar dan damai,” pungkasnya.

Senada, Dandim 1615 mengingatkan bahwa  keamanan Kabupaten Lombok Timur dalam rangka Pemilu sepenuhnya menjadi tanggung jawab bersama, terutama bagi personel yang langsung terjun di lapangan, tentunya mengacu pada SOP masing-masing. Diakuinya hal tersebut tidak ringan, mengingat Lombok Timur merupakan kabupaten dengan jumlah DPT dan TPS terbanyak, yakni  sebanyak 4.010 TPS. Karena itu ia berharap seluruh personel tetap waspada dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai petujuk pimpinan masing-masing.

Selain itu ia mengingatkan pula agar jajaran TNI POLRI selalu menjaga netralitas. “Saya yakin kita semua dapat melaksanakan tugas ini dengan maksimal, dengan penuh dedikasi yang tinggi, sehingga pelaksanaan Pemilu tahu 2024 dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” tutupnya.

Apel Pergeseran pasukan dihadiri pula seluruh jajaran Forkopimda  Kabupaten Lombok Timur, Ketua KPU, Ketua BAWASLU, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Lombok Timur.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *