• February 23, 2024
  • Last Update February 23, 2024 2:28 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Apel Pertengahan September Sekda Lotim Evaluasi Kinerja Tiga OPD

Apel Pertengahan September Sekda Lotim Evaluasi Kinerja Tiga OPD

Lotim sergapye–Sekertaris Daerah M. Juaini Taofik menjadi inspektur menyampaikan informasi terkini sekaligus mengevaluasi kinerja dari tiga OPD, yakni; Inspektorat Daerah Lombok Timur, Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP),  dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pada apel bendera bulan September Senin j29/9).

Terkait kinerja Inspektorat Daerah Lombok Timur, Sekda mengingatkan sebelum menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA), Inspektorat perlu melakukan reviu untuk pencegahan di samping melakukan inspeksi atau pengawasan saat sedang berlangsung. Ketika menemukan penyimpangan inspektorat harus segera melakukan tindaklanjuti.

Selanjutnya Sekda menyampaikan Pemerintah terus berupaya mewujudkan kemudahan berusaha, diantaranya melalui Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), seperti diamanatkan UU 11 tahun 2020 yang kemudian diganti UU nomor 2 tahun 2022 tentang UU Cipta Kerja. “Salah satu program untuk mempermudah itu semua kita harus mengenal yang namanya Online Single Submission (OSS) artinya perijinan itu satu pintu hanya lewat DPMPTSP dan itupun jika sudah menggunakan aplikasi OSS,” kata Sekda.

Sekda memaparkan per-15 September terdapat 7.980 investasi baik dalam penanaman modal asing maupun UMKM. Investasi terbanyak ada di kecamatan Masbagik sebanyak 1.882, Pringgabaya sebanyak 1.788, Selong sebanyak 1.099, Sikur sebanyak 755, dan Kecamatan Aikmel sebanyak 758 dengan total perencanaan investasi sebanyak 2,15 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 28.285 orang.

Sekda mengingatkan DPMTSP berhati-hati dan mencermati indeks kepuasan masyarakat (IKM).Sementara itu, terkait kinerja Dukcapil, Sekda mengingatkan untuk tidak lekas berpuas diri, kendati mendapatkan nilai terbaik oleh Irjen Dukcapil. Ia meminta agar mencari warga yang jumlahnya tak kurang dari 34 ribu dan belum melakukan perekaman data untuk keperluan KTP Elektronik.

Ia juga menekankan pentingnya sosialisasi lebih luas terkait aplikasi BAKSO yang pengoperasiannya kini berbasis android.

Pada apel yang diikuti seluruh ASN lingkup Pemda Lombok Timur tersebut juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba memperingati HUT RI dan Hari jadi Lombok Timur ke-128 beberapa waktu lalu.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *