• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Angin Puting Beliung Rusak 165 Rumah Warga Desa Tanjung Luar dan Jerowaru

Angin Puting Beliung Rusak 165 Rumah Warga Desa Tanjung Luar dan Jerowaru

Lotim sergapye— Amukan angin puting beliung yang yang memporak porandakan Desa Tanjung Luar dan Jerowaru, Kecamatan Keruak, Lombok Timur, Minggu sore (9/10) meninggalkan duka  sebagian warga setempat.

Dari hasil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur sampai Senin pagi (20/10) tercatat sekitar 168 rumah penduduk di Kecamatan Keruak dan Jerowaru mengalami  rusak parah hingga ringan.

Rumah pendudukan yang rusak akibat terjangan angin puting beliung tersebut sebagian  rumah yang ada disekitar Pantai

Dari 111 rumah penduduk yang mengalami kerusakan terdapat pula 5 bangunan fasilitas umum. Bahkan, kerusakan rumah penduduk juga dialami oleh 5 unit rumah di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak, juga di Gili Belek dan Gili Ree Kecamatan Jerowaru.

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy langsung terjun  ke lokasi bencana guna melihat dari dekat kondisi masyarakat serta kerusakan akibat bencana tersebut.

Saat ke lokasi bupati didampingi kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Sukiman Azmy meminta untuk segera mendata rumah warga yang rusak. Bupati juga memastikan kepada warga terdampak untuk mendapatkan bantuan logistik.

Kepala Pelaksana BPBD Lotim, Lalu Mulyadi mengakui sedang berada dilokasi untuk melakukan pendataan dan memverifikasi jumlah kerusakan akibat bencana angin puting beliung di Desa Tanjung Luar, Ketapang Raya, Gili Ree dan Gili Bleq.

“Hari ini sedang verifikasi  rumah warga korban terdampak angin puting beliung. Saya pastikan akan selesai hari ini juga,” kata Lalu Mulyadi.

Untuk mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab/rekon) rumah warga yang rusak, dirinya menargetkan proses verifikasi teknis selesai dalam satu hari, meski jumlah kerusakan terbilang cukup banyak.

Sesuai pendataan yang sudah dilakukan hari ini sekitar pukul 17.00 wita, hasil rekap terakhir rumah rusak dengan total keseluruhan 168 unit. 14 diantaranya rusak berat, 9 unit rusak sedang dan 145 rusak ringan.

“Hasil verifikasi ini akan segera diajukan kepada Bupati, guna dapat memastikan estimasi biaya untuk rehabilitasi dan rekonstruksi keseluruhan rumah warga yang rusak,” paparnya.

Guna menanggulangi sementara kebutuhan warga terdampak puting beliung, Senin kemarin Pemda Lombok Timur melalui BPBD menyalurkan bantuan  paket sembako dan lainnya kepada masyarakat. (Bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *