• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Air Sungai Beleke Meluap Puluhan Rumah Terendam Banjir

Air Sungai Beleke Meluap Puluhan Rumah Terendam Banjir

Loteng sergapye— Derasnya Hujan di wilayah Lombok Tengah terutama di kecamatan Praya Timur Sabtu 26 November 2022 membuat aliran sungai meluap. Akibatnya beberapa dusun yang ada di tepi sungai tersebut terendam banjir.

Hujan turun sejak siang hingga malam hari membuat warga yang tinggal di bantaran kali. Kebingungan karena rumahnya kemasukan air setinggi lutut orang dewasa, puluhan rumah warga terendam banjir

Seperti dilaporkan Kapolsek Praya Timur ptu Lalu Supardi, dusun yang terdampak banjir diantaranya Dusun Beleka II Desa Persiapan Beleka Daye, Dusun Golong Desa Beleka, Dusun Kulem Desa Persia.

Dikatakan meluapnya air sungai Beleka, disebabkan oleh meningkatnya debit air kiriman yang berasal dari wilayah utara dan seputaran Kecamatan Praya Timur akibat hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Dampak dari meluapnya air aliran sungai tersebut menggenangi areal rumah warga yang berada di sepanjang bibir sungai Beleka dengan ketinggian air sebatas lutut orang dewasa.

Selain menggenangi rumah warga, air juga menggenangi jalan antara Dusun Golong dan Dusun penyambak Desa Beleka sehingga kendaraan tidak bisa melintas.

Sampai dengan berita ini dimuat warga yang terdampak luapan masih tetap bertahan di rumah masing-masing disebabkan oleh debit air sungai sudah mengalami penurunan.

“Menurut data sementara tidak ditemukan adanya korban jiwa maupun kerugian meterial yang dilaporkan” kata Kapolsek.

Personel Polsek Praya Timur bersama Babinkamtibmas, Bhabinsa, Aparatur Desa serta masyarakat sekitar masih stand by di lokasi, sambil mendata rumah warga yang tergenang sebagai langkah antisipasi jika ada luapan susulan.

Situasi sementara di lokasi masih kondusif dan meluapnya air sungai Beleka tersebut sudah kerap terjadi hampir tiap tahun khususnya pada saat musim penghujan,”ujarnya.(Bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *