• May 19, 2024
  • Last Update May 19, 2024 12:35 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Terbitkan Buku Profile 35 Puskesmas di Lombok Timur, Dinas Kesehatan Gandeng FJLT

Terbitkan Buku Profile 35 Puskesmas di Lombok Timur, Dinas Kesehatan Gandeng FJLT

Lotim sergapye–Sebuah terobosan baru dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lombok Timur yakni menggandeng Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) untuk membuat buku profile 35 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di 21 Kecaman di Lombok Timur.

Demi melancarkan langkah para jurnalis tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lombok Timur, Pathurrahman turun langsung memberikan arahan, di Balai Wartawan (BW), Selasa (30/5/2023).

Pada sambutannya, Pathurrahman mengatakan, gebrakan baru itu dilakukan untuk memperkenalkan 35 Puskesmas yang ada di 21 Kecanatan Lombkk Timur melalui sebuah buku.

“Langkah ini bagian dari upaya mendekatkan pusat layanan kesehatan di masyarakat,” ucapnya.

Pada buku yang ditargetkan menghasilkan 300 halaman itu Pathurrahman mengharapkan lebih ditonjolkannya historis.

Karena menurutnya, setiap kehidupan yang paling menarik adalah history itu sendiri.

Dia meyakini, jika suksesnya buku tersebut di masyarakat akan bisa menjadi inspirasi baik bagi masyarakat luas pun begitu dengan para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada.

“Kita suskses dimasyarakat dengan bisa menjadi inspirasi di orang lain, dan history itu yang paling penting,” katanya.

Pathurrahman juga menceritakan sedikit pengalaman saat ia menjadi mahasiswa, dimana dahulu dia mencari rizeky dari membuat suatu karya tulis yang mengangkat historis.

“Dan saat itu tulis tentang historis itu yang paling banyak diminati oleh pembaca sendiri,” jelasnya.

Dia juga telah berkordinasi dengan semua Puskesmas yang ada di Lombok Timur, untuk membukakan pintu se lebar-lebarnya bagi para Jurnalis yang akan meliput.

“Saya juga telah berkordinasi dengan puskesmas di Lombok Timur, dan respons mereka disana bagus,”

Dia juga memberikan gambaran tentang hal yang perlu di sampaikan ke publik terkait puskesmas, salah satu yang paling penting adalah bagaimana puskesmas itu harus bersikap kepada masyarakat yang berobat, yakni adalah murah senyum

“Melalui buku ini kita harapkan juga bisa menjadi jalan para nakes yang ada di Lombok Timur lebih mengenal profesinya masing masing, hingga nantinya bagaimana dia berhadapan dengan masyarakat saat melayani di puskesmas,” tuturnya.

“Saya menyambut baik ide ini, dan merespon, kalau semisal Nakes di lotim tidak mendukung, saya sendiri siap,” tutupnya.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *