• March 4, 2024
  • Last Update March 3, 2024 4:09 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Tanah Longsor Tutup Batu Jalan Menuju Kawasan Wisata Selong Belanak

Tanah Longsor Tutup Batu Jalan Menuju Kawasan Wisata Selong Belanak

Lotim sergapye– —Akibat hujan deras,  terjadi longsor  menutup bahu jalan menuju kawasan wisata Selong Belanak Lombok Tengah. Polsek Praya Barat Polres Lombok Tengah bersama BPBD dan masyarakat melakukan pembersihan tanah  di lalan di Dusun Serangan Desa Selong Belanak Kecamatan Praya Barat, Selasa (5/12).

Kapolsek Praya Barat AKP Lalu Punia Amara saat dihubungi Rabu (6/12), mengatakan pihaknya mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya tanah longsor yang menutupi jalan di desa selong belanak kemudian pihaknya langsung ke TKP untuk mengecek selanjutnya melakukan kordinasi dengan pemdes dan BPBD Kabupaten Loteng.

“kita sudah koordinasikan dengan Pemerintah desa dan BPBD kab. Loteng untuk membantu dalam pelaksanaan pembersihan material yang menutup badan jalan,” jelas Punia

Proses pembersihan material tanah longsor tersebut berlangsung dengan dibantu oleh masyarakat setempat menggunakan alat seadanya, guna memberikan ruang akses bagi kendaraan yang akan melewati jalan tersebut.

“Untuk material batu yang berukuran besar sudah kita kordinasikan dengan BPBD Kab. Loteng dan Dinas PU Kab. Loteng untuk mengirimkan alat berat,” tegas Punia.

Punia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Praya Barat untuk terus waspada dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas.

“Diharapkan kepada warga untuk memperhatikan perjalanannya, karena ini khususnya di desa selong belanak curah hujan cukup tinggi, sehingga harus waspada dengan tanah longsor maupun banjir,”

Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati, waspada dan menjauhi kawasan yang memungkinkan akan terjadi tanah longsor dan banjir pada saat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut guna meminimalisir terjadinya korban jiwa,”tutup Punia(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *