• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Taman Surga Muncul di Sembalun Lokasi Wisata Menakjubkan di Lombok Timur

Taman Surga Muncul di Sembalun Lokasi Wisata Menakjubkan di Lombok Timur

Lotim  Sergapye—Sebagai-Sembalun makin berbenah, kawasan destinasi utama di Lombok Timur NTB kian .oncreng dengan disulapnya sejumlah tempat yang menjadi Dayak tarikasyarakat.

Keindahan Sembalun di kaki Gunung Rinjani sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Dengan bentangan alam yang eksotik pasti akan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama tinggal di tempat itu.

Di antara tujuh puncak Gunung Rinjani dan perbukitan, Salah satu tempat yang direferensikan untuk wisatawan selain mendaki. Juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi yakni, “Taman Surga Rinjani”. Merupakan destinasi wisata baru di daerah tersebut.

Lokasinya berada di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Kawasan wisata ini berada 5 kilometer dari Taman Wisata Pusuk Sembalun dan tiga kilometer dari Rest Area Sembalun pusat Kecamatan wilayah setempat.

Taman Surga Rinjani yang memiliki areal sekitar empat puluh enam (50) are dikelilingi perbukitan dan perkebunan serta hamparan sawah yang siap mewarnai keseruan sambil memacu adrenalin para pengunjung.

Wahana Taman Surga Rinjani ini menawarkan berbagai macam antraksi wisata diantaranya, sepeda gantung, tangan raksasa, karpet aladin, prosotan, air terjun, aquarium, perahu Nabi Nuh, 6 jenis ayunan, taman bunga dan suwa photo lainnya.

“Sepeda gantung dan plosotan inilah yang menjadi objek utama di lokasi wisata taman surga ini, yang siap memberikan sensasi baru berwisata di Sembalun,” kata Zamroni Husaini, owner Taman Surga Rinjani, ditemui media ini di Sembalun, Sabtu (25/12).

Selain itu, tutur Zamroni tidak kalah menariknya wisatawan bisa juga menikmati keindahan panorama pegunungan Sembalun dan hamparan sawah sangat eksotik dengan angle photo yang beragam, sbari menikmati secangkir kopi dan makanan khas Sembalun dengan suasana damai, nyaman dan aman.

Sebelum menjadi destinasi wisata, tempat ini awalnya dimanfaatkan oleh pemiliknya bercocok tanam sayur mayur, sadar akan keistimewaan lokasi ini ustadz Zamroni sapaan akrabnya mengubah lokasi ini menjadi lokasi wisata yang indah nan elok.

Tak ayal lokasi ini yang dulunya perkebunan tempat bercocok tanam sayur mayur, belakangan ini menjadi perbincangan ditengah-tengah masyarakat maupun di medsos   (Facebook).

Bagaimana tidak jadi perbincangan, taman surga hadir untuk memberikan warna yang berbeda didalam dunia pariwisata yang ada di Sembalun. Dengan menghadirkan konsep, “Berwisata Syariah” dipadukan dengan kearifan lokal masyarakat setempat.

Konsep ini lahir lanjutnya, bahwa Sembalun menyandang gelar destinasi bulan madu terbaik (World Best Halal Honeymoon Destination) dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) di Abu Dhabi tahun 2016 lima tahun yang lalu.

“Berdasarkan itu konsep wisata syariah ini kita terapkan di wahana ini dan edukasi wisata syariah, karena disini juga bisa tempat mengadakan majelis taklim (pengajian) sambil berwisata,” ujarnya.

Adapun idenya membuat wahana tersebut, paparnya lebih lanjut, bermula dari sebuah pikiran bahwa Sembalun itu sangat indah manjakan mata. Akan tetapi ada beberapa sektor kekurangan yang menyebabkan pengunjung atau wisawatan belum bisa menutupi kelelahan mereka yang sudah berjalan dari jauh.

“Salah satunya wahana, maka tercetuslah beberapa wahana yang kita kombinasikan dengan alam. Pangsa pasarnya adalah, orang dewasa dan anak-anak,” tutur Zamroni.

Untuk diketahui, saat ini wahana Taman Surga Rinjani msih dalam tahap finishing. Meski demikian, diakui sudah dibuka untuk umum promo soft launching pada Sabtu 24 Desember 2022 hingga Senin 2 Januari 2023.

Harga tiket masuk di kawasan wahana ini bervariasi yakni, Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Pengujung bisa menikmati semua wahana yang ada seperti bersuwa photo di Perahu Nabi Nuh, aqwarium, ayunan, balon taman surga riniani, air terjun, tangan raksasa, prosotan pelangi, sepeda gantung, karpet aladin dan taman cinta/Love.

“Sedangkan utuk warga Sembalun, tiket masuknya hanya Rp.20.000 geratis perosotan hingga tanggal 2 Januari 2023 harus dibuktikan dengan KTP Sembalun. Nanti pengunjung diberikan kartu tanda masuk disetiap wahana sport photo yang ada di taman surga” jelas Zamroni.

Sementara utuk jam buka dihari bisa, mulai dari pukul 07.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita. Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu, mulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita.

Meski di tengah keterbatasan dan finishing, ia tetap melakukan strategi dengan mempromosikan paket wisata Taman Surga Rinjani melalui media sosial Facebook dan Instagram. Melalui platform media sosial tersebut membantu akan kedatangan pengunjung, apalagi baru dibuka untuk umum.

“Kita harus berani berinovasi membuat terobosan baru, meski berbeda dengan yang lain. agar para wistawan yang datang ke Sembalun banyak pilihan untuk dikunjungi. Sehingga bukan hanya sekali mereka datang, tapi berkali-kali,” sebut Zamroni.

Harapannya dengan kehadiran destinasi wisata baru ini, dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Terutama para pemuda pemudi Sembalun, selain meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya.

“Harapan kita, dengan hadirnya wahana ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Karena wahana ini membutuhkan kariwan belasan orang lebih,” harapnya.

Tak perlu khawatir juga soal makanan. Di lokasi itu juga menyediakan makanan dan minuman di resto tersebut. Bukan hanya itu disekitaran lokasi tersedia lapak-lapak yang menyediakan makanan dan minuman sehingga para pengunjung tidak perlu repot membawa bekal dari rumah.

Apalagi lokasi taman surga ini tidak jauh dari taman wisata Pusuk Sembalun, hanya butuh sepuluh sampai lima belasan menit menggunakan sepeda motor dan roda empat baru tiba di lokasi.

Terlebih lokasinya persis berdekatan dengan kebun stroberi yang dekat dari akses jelan utama Sembalun, yakni sekitar 15 meter dari tepi jalan raya jurusan Aikmal-Sembalun Lombok Timur.

“Jadi pengunjung tak usah ragu datang ke tempat kami, kerena pasilitas ditempat kami sudah lengkap, bukan hanya resto termasuk juga Mushola dan toilet tersedia ditempat kami,” ujarnya.(Ros)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *