• February 27, 2024
  • Last Update February 26, 2024 7:58 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Sekdes Dan Kaur Desa Sembalun Timba Gading Dilantik

Sekdes Dan Kaur Desa Sembalun Timba Gading Dilantik

Lotim  sergapye— Pemerintah Desa (Pemdes) Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan perangkat desa baru, berlangsung di aula kantor Desa setempat.

Hadir camat Sembalun Serkapudin beserta jajarannya, Polsek Sembalun, Koramil 1615 Sembalun, Kapus Sembalun, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggotanya dan tokoh masyarakat Desa Setempat.

Kades Sembalun Timba Gading, Ridwan Hardi mengucapkan selamat sekaligus melantik dan mengucapkan sumpah kepada seluruh Perangkat Desa Sembalun Timba Gading yang baru dilantik.

“Selamat kepada saudara-saudara yang sudah dilantik hari ini, jangan lupa tugas kalian untuk membantu pemerintah desa. Terutama membantu tugas Kepala desa dalam menjalankan wewenangnya,” ucap Ridwan, sebelum mengucapkan sumpah dan melantik perangkat desa yang baru, Rabu (2/1).

Ridwan berharap, kepada perangkat desa yang baru dilantik maupun yang lama untuk bekerja sama membangun desa. Supaya visi misi pemdes untuk mensejahterakan masyarakat tercapai, tentunya dengan kerja nyata.

“Untuk itu, mari bekerja sama dan koordinasi itu selalu dibangun untuk kemajuan desa kita ini. Agar lebih baik lagi dari segala bidang,” ujarnya.

Camat Sembalun, Serkapudin S.Sos sangat mengapresiasi pelantikan tersebut. Pasalnya pelantikan ini mempunyai beberapa keistimewaan.

Menurutnya, salah satu keistimewaan giat hari ini adalah diantara desa yang ada di wilayah Kecamatan setempat, pemdes Sembalun Timba Gading paling cepat mersepon surat perintah dari Camat untuk segera merekrut perangkat baru dan mutasi perangkat lama. Supaya tidak ada ketimpangan pungsi dan tugas di desa tersebut.

“Yang kita lantik hari ini kan jabatan yang paling krusial yakni, Sekertaris Desa (Sekdes) dan kaur keuangan. Sekdes yang lama kita tarik jadi staf di kecamatan, karena beliau ASN,” jelasnya.

Perangkat desa, harus bekerja sama dengan kepala desa dalam membangun desa lebih baik lagi. Tanamkan pada diri kita, bahwa kita mempunyai kemampuan melayani masyarakat, meski jabatan baru yang di emban saat ini.

Artinya, setelah saudara-saudara dilantik dan diambil sumpahnya sebagai perangkat desa. Bahwa saat ini mereka yang baru dilantik mempunyai tugas dan tanggung jawab membantu kepala desa menjalankan tugasnya.

“Tidak ada ruang atau alasan kita bekerja setengah-setengah, ketika kita sudah mengambil sumpah jabatan. Berarti secara langsung kita berjanji kepada Allah SWT, untuk menjalankan amanah sesuai dengan tupoksi kita,” tegas Serkapudin.

Pada kesempatan itu, Serkapudin berpesan kepada semua perangkat desa untuk terus meningkatkan pelayanan ke masyarakat dan peka terhadap permasalahan di tengah-tengah masyarakat.

“Terutama kepada pak sekdes dan kaur keuangan yang baru dilantik, karena maju mundurnya desa itu tidak lepas dari peran sorang sekdes. Begitu juga dengan kur keuangan, harus teliti dan bijak mengelola keuangan desa, baik APBdes, ADD dan yang lainnya” ujar Serkapudin.

Semua itu lanjutnya, berdasarkan surat keputusan Kepala Desa Sembalun Timba Gading nomor 141/46/DSTG/2023 tentang, mutasi dalam jabatan perangkat desa di lingkungan pemerintah Desa Sembalun Timba Gading, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Sementara perangkat desa yang dilantik saat ini sebanyak tiga orang. Yakni Edi Hermawan sebelumnya sebagai kaur keuangan, dimutasi sebagai Sekretaris Desa (sekdes), menggantikan pejabat lama yakni, Hasbi Haer. Kemudian, Wiryadi sebagai Kaur keuangan, jabatan sebelumnya sebagai Kasi kesejahteraan.

“Sementara, Eka Suci Sipnayanti merangkap jabatannya sebagai Kaur perencanaan sekaligus merangkap PLT Kasi Kesejahteraan. Tidak apa-apa untuk sementara buk Eka merangkap jabatannya demi berjalannya roda pemerintahan,” tutupnya.(ros)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *