• December 9, 2022
  • Last Update December 9, 2022 9:50 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Rinjani Travel Mart Bisa Meningkatkan Kunjungan Wisata Di Lombok

Rinjani Travel Mart Bisa Meningkatkan Kunjungan Wisata Di Lombok

Lotim sergapye— – Suksesnya penyelenggaraan Rinjani Travel Mart (RTM) ke-IV pada 21-24 2022 di Sembalun kemarin, tidak lepas dari dukungan pemerintah Kabupaten Lombok Timur termasuk dukungan dari para pelaku wisata lingkar Rinjani.

ketua Forum Trekking Organiz (TO) lingkar Rinjani, Royal Sembahulun mengatakan masyarakat yang berada di lingkar Rinjani khususnya Sembalun mendukung giat tersebut.

Dan momen ini dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama dengan para buyer atau pembeli dari nusantara maupun luar negeri. “Luar biasa acara ini, momentum ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menjalin kerjasama dan tukur prodak paket wisata yang kita miliki,” ujar Royal di Sembalun, Kamis (24/11).

Dari ratusan travel agent itu lanjut ktokoh pemuda Sembalun sekaligus pemerhati pariwisata ini, selama tiga hari penyelenggaraan RTM ke empat para buyer selain akan menggelar business to business (B to B) dengan seller, mereka juga diajak tour wisata ke berbagai obyek wisata yang ada di Sembalun dan berbagai daerah di Lombok.

“Hari pertama, mereka diajak menikmati keindahan berbagai destinasi melalui paket wisata Sembalun Tour. Yakni berkunjung ke bukit Pengasingan, Bale Adat Sembalun Lawang, bukit Selong, Kedai Sawah dan beberapa destinasi wisata di Sembalun,” paparnya.

Untuk selanjutnya dijamu makan siang di Hotel Nusanta di Sembalun, dan malamnya wellcome dinner di Hotel yang sama. Hari kedua setelah acra seremonial yang di buka langsung oleh Bupati Lombok Timur, H.M Sukiman Azmy didampingi ketua DPD ASITA NTB, Dewantoro Umbu Jika SH. Barulah para buyer dan seller menjalankan bisnisnya B to B.

“Disini kan bisa kita lihat para buyer dan Seller saling tukar kartu nama dan paket wisata yg mereka miliki, dan kita ambil bagian didalamnya. Kapan lagi momen seperti ini kita temukan, mereka datang ke acara ini dengan visi misi untuk mensejahterakan masyarakat,” ujar Royal.

Untuk itu ia berharap dengan acara ini bisa membawa perubahan, terutama di bidang pariwisata Lombok Timur dan khususnya Sembalun. Dan jadi magnet bangkitnya dunia pariwisata di daerah tersebut, setelah beberapa tahun pakum dari vandemi COVID-19.

Harapan itu bisa terwujud jika di dukung oleh pemerintah dengan cara gencar promosi dan meningkatkan pelayanan serta membangun fasilitas penunjang seperti akomodasi, meningkatkan SDM masyarakat dan memasifkan UMKM yang ada.

“Kita berharap dengan Rinjani Travel Mart ini, dan kedatangn para travel agent dalam dan luar negeri di Sembalun. Semoga Sembalun semakin di kenal, sehingga orang yang berkunjung semakin banyak,” harap Royal.

Senada, Camat Sembalun, Serkapudin S.Sos menyampaikan, agenda-agenda kepariwisataan seperti RTM ini sangat penting. Mengingat konstribusi yang diberikan akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kunjungan wisatawan ke Lombok Timur, khususnya Sembalun kedepan.

Termasuk peningkatan kemampuan SDM pariwisata, dan layanan servis kepada wisatawan juga akan meningkat, melalui tukar pengalaman dengan para pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara.

“Kita sangat berterimakasih kepada panitia, atas terselenggaranya RTM ke empat di Sembalun. Bagaimna tidak ini momen langaka menurut kmi, karena secara tidak langsung pemerintah terbantu untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada disini,” ujarnya.

Dengan mengajak para peserta RTM 4 ke berbagai destinasi wisata di Lombok termasuk Sembalun, Serkapudin berharap setelah kembalinya ke daerah atau negara asal nanti, para pengusaha wisata itu bisa membuat dan menyusun paket-paket wisata ke Lombok, khususnya Sembalun.

“Itu yang kita harapkan, semoga mereka datang lagi ke daerah kita untuk berwisata. Agar masyarakat benar-benar bisa merasakan dampak dari kegiatan RTM ini,” Harapnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *