• March 4, 2024
  • Last Update March 3, 2024 4:09 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Pj Bupati Lombok Timur Meresmikan Puskesmas Pembantu

Pj Bupati Lombok Timur  Meresmikan  Puskesmas Pembantu

Lotim SergapyeSelain pendidikan dan ekonomi, kesehatan merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karenanya tiga hal itu menjadi fokus Pemerintah, termasuk di Lombok Timur.

Hal tersebut terungkap saat Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik menyampaikan sambutan sebelum meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Bandok, Selasa (23/1).

Kepada masyarakat yang turut hadir, ia mengingatkan bahwa derajat kesehatan ditentukan sejumlah faktor seperti lingkungan, prilaku, juga layanan kesehatan. Layanan kesehatan pada gilirannya dapat berpengaruh terhadap perubahan prilaku dan lingkungan.

Terkait Pustu Desa Bandok, Pj. Bupati mengingatkan agar dapat dimanfaatkan dengan optimal, kendati salah satu layanan tidak dapat dilakukan di Pustu, yaitu melahirkan. Hal tersebut jelasnya mengacu pada peraturan perundangan. Namun demikian layanan lainnya seperti pemeriksaan kesehatan tetap dapat dilakukan, termasuk kegiatan promotif dan preventif sebagai bagain dari upaya pencegahan penyakit.

Ia mendorong masyarakat setempat memanfaatkan Pustu untuk berkonsultasi terkait kesehatannya.

Karena itu ia memastikan kesiapan petugas kesehatan yang ditempatkan di Pustu tersebut.

Selain itu, mengantisipasi integrasi layanan primer, tidak hanya perawat yang ditempatkan di Pustu, melainkan juga bidan. 

Selain memastikan peralatan kesehatan yang mendukung pelayanan, Pj. Bupati Juaini juga menekankan agar ada kunjungan dokter ke Pustu secara berkala. Tidak kalah penting, diingatkan pula agar mengutamakan pelayanan.

“Pelayanan harus diutamakan, jangan tanyakan punya uang atau tidak karena kita sudah UHC. 98% penduduk Lombok Timur sudah tercover BPJS,” tegasnya.

Kepala Desa Bandok Mujib menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Lombok Timur atas dukungan dan motivasi sehingga Pustu tersebut dapat dirampungkan, “Berkat dorongan dan bimbingan serta arahan Pj. Bupati sehingga Pustu ini dapat diresmikan, disamping itu sudah ada petugas dan alat-alat pelengkapnyapun juga sudah tersedia di dalam,” tuturnya senang.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Camat, Forkopimcam, TP-PKK desa, Tokoh agama dan masyarakat setempat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *