• January 30, 2023
  • Last Update January 30, 2023 10:42 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Pesona Budaya Pringgasela dari Tarian Hingga Pameran Kain Songket

Pesona Budaya Pringgasela dari Tarian Hingga Pameran Kain Songket

Lotim Sergapye – Desa Pringgasela Lombok Timur salah satu desa wisata dan budaya karena memiliki beragam kesenian dan hasil tenun songketnya yang tidak asing bagi masyarakat.

Untuk meningkatkan dan mempromosikan produk lokal tersebut, masyarakat menggelar festival Budaya Desa Ruang dan Sentra Tenun Gedogan Pringgasela di gelar di showroom bangunan Pringgasela . Kamis (17/11)

Acara ini bertujuan untuk mempromosikan Tenun Gedokan yang ada di Pringgasela, salah satunya dengan  melakukan pameran termasuk ikut di pamerkan jajan tradisional yang ada di masyarakat Pringgasela.

Kadis Pariwisata Lombok Timur, Iswan Muliadi mengapresiasi kegiatan yang digelar tersebut bahkan ditengah acara berlangsung, dia tampak menikmati suasana atraksi tarian, kuliner dan pameran tenun khas Pringgasela.

Saat memberi sambutan, Iswan Muliadi menyampaikan , budaya ini sangat penting untuk membangun kesadaran dan nilai hidup sebagai masyarakat yang berbudaya, karena Pariwisata ini terikat erat dari sisi kebudayaan.

“Dinas Pariwisata dan kebudayaan sangat menapresiai  kegiatan ini,” tandasnya.

Kadispar juga berterimakasih atas terselenggaranya  kegiatan ini, karna pariwasata  harus di topang oleh sumber daya manusia yang kuat, karna itu membangun sumber daya yang kuat harus dengan tingkatan kebudayaan.

Kades Pringgasela, Mul’an  mengharapkan agar pemasaran kain tenun di Pringgasela ke depan agar lebih baik lagi dan mempunyai manfaat untuk perekonomian masyarakat. Ucapnya saat di wawancarai.

Lanjut Mul’an , Pringgasela tetap membudayakan kain tenun ini , karna sudah menjadi hal yang biasa di laksanakan sebagai pekerjaan sehari hari.”ita akan bangun terus regerenasi supaya kain tenun itu jangan musnah,” harapnya.(Bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *