• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Paska Banjir dan Longsor di Lombok Utara, Biddokes Polda NTB Gelar Pengobatan Massal di Lokasi Bencana

Paska Banjir dan Longsor di Lombok Utara, Biddokes Polda NTB Gelar Pengobatan Massal di Lokasi Bencana

Lombok utara sergapye–Polisi yang presisi bertindak cepat menyelamatkan masyarakat dari gangguan penyakit Pasca banjir dan longsor.

Tujuh titik di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (Lotara) diterjang banjir dan tanah longsor, Satuan Brigade Mobil Polda Nusa Tenggara Barat (Brimobda NTB) segera diturunkan untuk membersihkan materil lonsor. Tak mau ketinggalan, Satuan Unit Kerja (Satker) Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda NTB, Senin (17/10/2022), menggelar Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan di lokasi bencana.

Kepala Biddokes Polda NTB Kombes Pol. dr. I Komang Nurade, Sp.THT-KL. mengungkapkan, baksos kesehatan tersebut mengusung tema “ Peduli Bencana Alam Demi Kemanusiaan”.

“Baksos kesehatan ini sebagai bagian bentuk penanganan bencana alam banjir dan tanah longsor, yang terjadi di wilayah Kecamatan Pemenang Lombok Utara khususnya oleh Polda NTB,” ungkapnya.

“Baksos kesehatan untuk hari ini kita laksanakan dari arah barat selatan dulu, yakni di Dusun Kerandangan Desa Senggigi,” ucapnya.

Kabiddokes Polda NTB mengatakan bahwa hingga tengah hari pelaksanaan baksos kesehatan, selain menyasar masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor, pelayanan kesehatan juga diberikan kepada personel Polsek Batulayar.

“Mulai dibuka pelayanan, sudah ada 45 orang warga yang datang berobat. Selain itu ada 11 orang yang konsultasi kesehatan,” ujarnya.

Sementara Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si. menyampaikan, informasi terakhir terkait bencana banjir dan tanah di Lotara.

“Hari ini Direktur Binmas Polda NTB sudah menuju ke lokasi untuk pemberian bansos. Kita berharap bantuan itu bisa meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah,” ucapnya.

Sedangkan terkait pembersihan akses jalan dari Pemenang ke Senggigi, lanjut Artanto, Polda NTB telah mengerahkan Sat Brimobda NTB.

“Personel Brimob juga sudah diterjunkan bergabung dengan tim dari BPBD, untuk melakukan pembersihan material tanah dan lumpur serta pohon tumbang, yang menghalangi akses jalan,” sebutnya.

Untuk diketahui, banjir dan tanah longsor Lotara terjadi di Desa Pemenang Barat, Menggala dan lima dusun di Desa Malaka diantaranya di Dusun Setangi, Lendang Luar, Nipah dan di Dusun Malimbu, pada Ahad, 16 Oktober 2022 pukul 16.49 Wita.

Banjir dan tanah longsor di tujuh titik wilayah Kecamatan Pemenang itu, terjadi akibat curah hujan cukup tinggi disertai tiupan angin kencang, pada pukul 13.30 sampai 15.00 Wita. *

Kabid Humas Polda NTB.,

ttd.

*ARTANTO, S.I.K., M.Si.*
Komisaris Besar Polisi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *