• June 20, 2024
  • Last Update June 20, 2024 9:26 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Optimalkan Penggunaan Produk Lokal

Optimalkan Penggunaan Produk Lokal

Lotim Sergapye – Penjabat Bupati Lombok Timur, H. Muhammad Juaini Taofik membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis  Tingkat Komponen Dalam Negeri untuk Industi Kecil (TKDN-IK) di Kabupaten Lombok Timur, Senin (20/5) yang berlangsung di Gedung Serbaguna Dasan Lekong, Kecamatan Sukamulia.

Sosialisasi yang difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian RI dan Direktorat IKM Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan, serta Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ini bertujuan memberi pemahaman dan fasilitasi pendaftaran sertifikat TKDN khususnya bagi Industri Kecil dan Menengah. Upaya ini juga dalam rangka mendorong peningkatan sertifikasi TKDN industri kecil (TKDN IK), sehingga para pelaku industri kecil bisa berpartisipasi pada pengadaan barang dan jasa pemerintah yang akan berujung pada pengoptimalan penggunaan produk lokal.

Diakui oleh Pj. Bupati,  peran Pemerintah Daerah belum optimal dalam memberdayakan industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Lombok Timur. Karena itu ia mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan itu menjadi tonggak menuju kesuksesan bagi IKM. Terlebih penyelenggaraannya bertepatan dengan momentum 20 Mei (Hari Kebangkitan Nasional) diharapkan untuk bangkit di periode ke-2 menuju Indonesia Emas.

Ditambahkannya, mengingat di daerah ini didominasi industri pangan, diharapkan sektor ini selaras dengan hilirisasi dan industrialisasi yang tengah digalakkan di Lombok Timur. Diharapkan juga dengan berkembangnya IKM  akan menjadi sektor/lapangan  pekerjaan yang mampu menyerap lebih banyak lagi sumber daya manusia.

Sehingga lapangan pekerjaan tidak hanya terpusat di sektor pemerintahan saja.

Untuk itu, ungkapnya, harus dimulai dari pemerintah sendiri untuk memberikan stimulan kepada  para pelaku IKM. Dan pelatihan ini diharapkan bisa menjadi jawaban dan solusi atas permasahan dan pertanyaan para pelaku IKM.

Suksesnya kegiatan tersebut  tentu merujuk pada hadirnya semua IKM, serta, meningkatnya kapasitas dan kompetensi. Disisi lain, Ia berharap peserta Bimtek tersebut dapat memiliki wawasan dan pengetahuan cara membangun suatu usaha yang layak dengan melengkapi legalitas usaha, membantu IKM untuk bisa ikut dalam pengadaan barang/jasa pemerintah serta meningkatkan penyerapan produk dalam negeri khususnya produk lokal yang ada di daerah ini.

Selanjutnya Pj. Bupati menitip pesan Kepada kepala Dinas Perindustrian beserta jajaran, “Jaga amanah dengan baik, kegiatan ini harus sukses,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Lombok Timur  serta  Kepala Direktorat IKM Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan, Kementerian Perindustiran RI, Indra Akbar Dilana.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *