• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Membanggakan, dokter Rumah Sakit dr Soejono Selong Berprestasi di Tingkat Nasional

Membanggakan, dokter Rumah Sakit dr Soejono Selong Berprestasi di Tingkat Nasional

Lotim Sergapye – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Raden Soedjono Selong terus menunjukkan kiprahnya. Kabar  baiknya  terkait keberhasilan dokter PNS spesialis dari Rumah Sakit Soedjono Selong ,mendapatkan juara lomba penelitian ilmiah tingkat Nasional pada lomba Scientific Paper Indonesia Mirah 2022

Adalah dr. Resna Hermawati, Sp.PK (K) telah membuat karya ilmiah dari hasil penelitian deteksi awal Talasemia. Penyakit Talasemia yakni gangguan atau kelainan darah yang terjadi pada seseorang, dan sejak dini dimana anak dua tahun sudah mulai terlihat gejalanya.

Untuk mendeteksi Talasemia ini memang di butuhkan pemeriksaan yang kompleks di Rumah Sakit. Yang di kembangkan oleh dr.Resna Hermawati, Sp.PK (K)  berupa pemeriksaan sederhana yang dapat di lakukan di fasilitas kesehatan pertama yakni Puskesmas dengan screening dengan peralatan sederhana.

Dalam pemeriksaan awal itu, 80 persen akurasinya untuk mengetahui menderita Talasemia , lalu bisa segera di rujuk di Rumah Sakit agar mendapat penanganan yang lebih cepat sehingga gejalanya tidak jatuh kedalam gejala berat.

Direktur RSUD dr.R.Soedjono Selong, dr. H. Tantowi Jauhari, Sp.B, mengatakan penelitian yang dilakukan dr. Resna kelak dapat diimplementasikan dan akan di sampaikan pada Dinas Kesehatan semoga diimplementasikan di fasilitas kesehatan tingkat pertama sehingga bisa memberikan manfaat pada Masyarakat.

Penyakit Talasemia ini karna kekurangan HB , HB itu adalah unsur yang ada sel darah merah untuk mengikat oksigen. Gejala gejalanya bisa sesak, pucat , lemas , mengantuk, jika terjadi gejala- gejala ini segera di tindak lanjuti di puskesmas untuk melakukan pemeriksaan awal. Ujar Tantowi

Harapannya Tantowi kedepannya semoga karya ilmiah ini bisa di gunakan karna ini sudah mendapatkan apresiasi di tingkat Nasional , tentu saja kita harus memanfaatkan penelitian ini. ‘kita akan persentasi di Dinas Kesehatan dan mengundang praktisi yang terkait , mudah-mudahan ini bisa di terima,’ujarnya.

Dirut RSUD dr.R.Soedjono Selong ini salut dan sangat bangga, bahwa di daerah Timur bisa berkiprah di kanca Nasional dan alhamdulillah  bisa juara. (Bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *