• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Lotim Bersama 350 Kabupaten Ikuti Sosialisi Percepatan Pembentukan Brida Secara Virtual

Lotim Bersama 350 Kabupaten Ikuti Sosialisi Percepatan Pembentukan Brida Secara Virtual

 

Lotim Sergapye – Kabupaten Lombok Timur bersama 350 Pemerintah Daerah di Indonesia yang belum membentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).  secara virtual Pemkab Lotim mengikuti sosialisasi Percepatan Pembentukan BRIDA yang berlangsung Kamis (12/1).

Pemda Lombok Timur diwakili Asisten bidang ekonomi pembangunan, Asisten bidang administrasi umum, Kepala Bappeda, dan sejumlah Kepala Bagian lingkup Setda Lombok Timur.

Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN Yopi yang membuka sosialisasi tersebut mengingatkan pembentukan dan transformasi OPD kelitbangan yang ada di daerah melalui BRIDA telah memiliki regulasi, mulai dari Undang-undang no. 11 tahun 2019 tentang sistem nasional ilmu pengetahuan dan teknologi yang diubah dengan pasal 121 PERPPU no.2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja, Perpres 78 tahun 2021 tentang BRIN, dan diperkuat SE Kemendagri no. 120/5434/SJ terkait pembentukan BRIDA.

Proses pembentukan BRIDA, jelas Yopi, telah dimulai tahun 2022 dan pihak BRIN telah melakukan sosialisasi kepada seluruh daerah. Sampai 11 Januari telah terbentuk 7 BRIDA di tingkat Provinsi, di mana salah satunya adalah Provinsi NTB, sementara itu 17 Provinsi masih dalam proses pembentukan. Sedangkan untuk kabupaten/ kota 18 telah terbentuk dan 120 dalam proses pembentukan. Yopi juga menjelaskan tahapan yang harus dilakukan Pemda dalam upaya pembentukan BRIDA di masing-masing wilayah.

Diharapkan tahun 2023 ini Pemda dapat lebih aktif dan bekerja sama dengan BRIN dalam upaya pembentukan BRIDA tersebut sebagai penguatan badan riset inovasi.

Keberadaan BRIDA adalah bagian dari upaya membangun kebijakan yang berbasiskan bukti. BRIDA dapat berdiri sendiri maupun digabung dengan Bappeda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *