• July 20, 2024
  • Last Update July 18, 2024 1:32 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Lanjutkan ke Jenjang Berikutnya

Lanjutkan ke Jenjang Berikutnya

Lotim Sergapye – Melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi menjadi tuntutan Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juainai Taofik kepada siswa-siswi lulusan Madrasah Ibtidaiyah ( MI) Negeri 1 Lombok Timur. Ia meminta orang tua dan wali murid yang menghadiri upacara kelulusan pada Sabtu (14/6) berkomitmen agar anak-anak tersebut melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Hal itu ditekankannya, selain untuk meningkatkan masa depan anak, juga untuk meningkatkan harapan lama sekolah, serta mencegah perkawinan usia anak.

Pj. Bupati menyampaikan bahwa MI Negeri 1 Lombok Timur bersama 226 MI lainnya serta 622 SD di daerah ini menjadi penyumbang angka harapan lama sekolah, yang berdampak pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Timur yang terus mengalami peningkatan.

 Sementara itu perkawinan usia anak, sebutnya, menjadi salah satu penyebab  kasus stunting atau gagal tumbuh yang saat ini tengah diupayakan untuk ditekan dan dicegah.

Karena itu ia menyampaikan apresiasi kepada guru dan tenaga pendidik di Madrasah tersebut,juga kepada orang tua maupun wali murid yang telah mendidik anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa ini.

Pj. Bupati di penghujung sambutan pada acara yang diselenggarakan di halaman MIN 1 Lombok Timur tersebut, berjanji membantu pemenuhan sarana prasarana pendukung kegiatan belajar seperti ketersediaan air bersih, yaitu melalui pengadaan sumur bor.

Sementara itu Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur H. Shulhi yang juga hadir pada kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi kepada madrasah yang tahun ini meraih prestasi nasional. Hal itu diyakininya berkat profesionalisme dan komitmen yang dimiliki pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah tersebut. Meski di sisi lain ia mengakui tantangan madrasah ini yaitu rasio ruang belajar yang tersedia dengan jumlah peminat terus mengalami peningkatan.

Kepada para siswa yang telah dinyatakan lulus ia berharap agar tidak melupakan guru dan nasihat yang diberikan, di samping peran dan nasihat orang tua. Menurutnya hal itu menjadi salah satu kunci keberhasilan.

Acara kelulusan yang dihadiri pula oleh pengawas, komite sekolah, serta orang tua dan wali murid tersebut diisi pertunjukan seni oleh para siswa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *