• February 4, 2023
  • Last Update February 4, 2023 12:17 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Kapolda NTB Hadiri Acara Simakrama dan Hari Raya Pagerwesi di Cakra Negara

Kapolda NTB Hadiri Acara Simakrama dan Hari Raya Pagerwesi di Cakra Negara

Mataram sergapye— Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irjen Pol Djoko Poerwanto hadiri acara Simakrama/Silaturrahmi yang dirangkai dengan perayaan Hari Raya Pagerwesi oleh Ikatan Keluarga Besar Hindu (IKBH) Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pura Pacupati, Sindu, Cakranegra, Kota Mataram, Rabu (26/10)

Kapolda NTB merasa terhormat bisa ikut dalam acara perayaan hari raya pagerwesi yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Besar Hindu (IKBH) Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Menurutnya, yang berkesan dalam acara itu adalah Sumakramanya yang berarti silaturrahmi.

Kapolda NTB memaknai acara tersebut sebagai salah satu bentuk ungkapan rasa syukur untuk memperdalam keimanan bagi semua orang, tak terkecuali bagi umat Hindu.

“ini merupakan cara kita melaksanakan bhakti kepada Tuhan yang maha esa atau umat Hindu menyebutnya ida sang hyang widhi wasa dengan wujud melaksanakan persembahyangan dan silaturrahmi dengan umat yang lainnya,” ujarnya.

Ia ingin, anggota Polri Polda NTB beserta keluarga, agar mengamalkan ajaran tri kaye parisuda, yaitu pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik untuk menjaga hubungan dan keharmonisan hubungan dalam masyarakat.

“dalam menjaga silahturami dikenal dengan ajaran tri hita karana yang artinya tiga penyebab kebahagiaan,” jelasnya.

“ketiga hal tersebut harus dijaga manusia yang diwujudkan dalam bentuk persembahyangan hari raya pagerwesi ini,” tambahnya.

Kapolda NTB menambahkan, dalam menghadapi situasi global seperti sekarang ini, semua orang harus memiliki pola hidup sederhana dengan jalan mensyukuri rizki yang tuhan berikan kepada umat manusia.

Dalam acara tersebut, Kapolda NTB menyaksikan beberapa proses perayaan hari raya pagerwesi yang dilaksanakan oleh umat Hindu.

Ia merasa terhormat dapat menghadiri acara sakral tersebut, selain dapat mengetahui prosesi perayaan hari raya pagerwesi, ia juga mendapat nilai silaturrahmi didalamnya.

“perayaan hari raya pagerwesi ini, untuk mengingatkan diri kita ini siapa, dan sebagai wujud syukur kita kepada sang pencipta,” Tandanya. *

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *