• April 17, 2024
  • Last Update April 17, 2024 6:19 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Kades Sembalun Lawang Nyaleg Dewan, Hasbi Haer DiLantik Sebagai Penggantinya

Kades Sembalun Lawang Nyaleg Dewan, Hasbi Haer DiLantik Sebagai Penggantinya

Lotim sergapye — Sejumlah Kades di Lombok Timur meninggalkan jabatannya dan memilih mengadu nasib mendaftar sebagai calon legislatif. Salah satunya Kades Sembalun Lawang.

Camat Sembalun, Serkapudin S.Sos., MM melantik Penjabat (Pj) Kepala Desa Sembalun Lawang menggantikan Kepala Desa sebelumnya yang mengundurkan diri karena  mencalonkan sebagai Caleg DPRD Kabupaten Lombok Timur.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dihadiri unsur Muspika, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pengurus BPD, perangkat desa, Kader PKK dan tokoh masyarakat desa setempat. Berlangsung di aula kantor desa Sembalun Lawang, Rabu (6/9).

Serkapudin mengatakan, dalam pelantikan jabatan Pj Kepala Desa Sembalun Lawang berdasarkan aturan dan mekanisme sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pj Bupati Lombok Timur nomer 188.45/302/PMD/2023 tentang pengangkatan 12 penjabat kepa desa di Kabupaten Lombok Timur.

Tugas dari Pj kepala desa yakni menghantarkan hingga pelaksanaan pemilihan kepala desa pergantian antar waktu (PAW) di Desa Sembalun Lawang.

“Alhamdulillah pelantikan berjalan dengan aman, kondusif. Hari ini kami melantik saudara Hasbi Haer sebagai Pj Kepala Desa Sembalun Lawang menggantikan matan yang sebelumnya menjadi kepala desa karena mengundurkan diri,” ucap Serkapudin.

Ia menyampaikan, Pj Kepala Desa Sembalun Lawang yang dilantik ini berasal dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sebagai pelaksana di Kantor Camat Sembalun.

Dalam prosesi pelantikan hari ini, lanjut Serkapudin sangat-sangat sakral apa yang diikrarkan sungguh sesuatu yang luar biasa. Untuk melakukan akad dan komitmen didepan Tuhan yang maha kuasa serta disaksikan oleh semua yang hadir dalam acara tersebut.

“Artinya bahwa, prosesi pelantikan penjabat kepala desa tidak hanya seremonial belaka. Jadi apa yang di sumpahkan tadi betul-betul menjadi beban dan tanggung jawab yang harus diemban oleh penjabat kades yang baru. Tentu semua itu harus dipertanggung jawabkan, baik kepada Kabupaten, Provinsi dan Tuhan yang maha Esa, ” ujarnya.

,Serkapudin mengucapkan selamat kepada penjabat kades Sembalun Lawang yang baru, bahwa dirinya mendapat kepercayaan dari masyarakat melalui BPD, dari pemerintah Kabupaten melalui Camatnya.

“Hal ini tidak mudah, jadi anda dipercayakan untuk menyetir pembangunan desa Sembalun Lawang. Harapan saya dan masyarakat Sembalun Lawang khususnya, jangan sia-siakan amanah yang diberikan oleh masyarakat,” ucap Serkapudin.

“Silahkan kerja dengan sekuat tenaga, tulus ikhlas dan sepenuh hati. supaya keberlangsungan pembangunan di desa ini benar-benar terwujud, Itu harapan saya,” harapnya.

Ia juga tidak lupa menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada mantan kades Sembalun Lawang, HM Idris sejauh ini sudah bekerja keras membangun desa setempat.

Jabatan kepala desa itu, sambungnya jabatan yang sangat berat. Oleh karena itu Serkapudin mengingatkan bahwa menjadi kades itu minimal memiliki pengetahuan yang lebih dari stafnya. Karena seorang kades sebagai ujung tombak untuk mensejahterakan masyarakat.

“Dan seorang kades itu harus bisa merangkul tokoh-tokoh masyarakat, juga lembaga-lembaga yang ada di Desa. Oleh karena itu jangan sampai ada gejolak, jangan sampai ada masala silakan komunikasikan dengan baik,” pungkasnya.

Tentu kades itu harus mampu menerima keritikan, jangan dianggap keritikan dari masyarakat itu masyarakat membenci seseorang kades. Jadikan keritikan itu sebagai masukkan yang konstruktif yang tentunya akan memperbaiki kinerja seorang kades dan akan membawa desa ini lebih baik kedepannya.

“Karena masyarakat lah yang tau kinerja kita, masyarakat lah yang memberikan nilai baik buruknya desa kita. Nah segala program yang kita usung tentunya akan dirasakan langsung oleh masyarakat kita,” kata Serkapudin.

Serkapudin berpesan, kepada pejabat kepala desa agar terus membangun sinergitas untuk membangun dalam bekerja dan melayani masyarakat, serta dapat menjaga komunikasi dengan lintas sektoral.

“Dengarkan teriakan masyarakat kita , jeritan tangis anak-anak kita ketika tidak mendapatkan haknya yang layak. Baik itu hak pendidikan, hak kesehatan, hak hidup yang layak dan sebagainya. Dan harus banyak belajar terhadap kepala desa sebelumnya,” pesannya.

Penjabat kades Sembalun Lawang, Hasbi Haer menambahkan akan melanjutkan program-program dari mantan kades setempat. Baik yang belum direalisasikan maupun yang sedang dikerjakan maupun yang belum, tentunya dengan sekala prioritas.

“Saya kan melanjutkan program yang sudah ada dan akan membuat trobosan-trobosan baru, tentunya dengan ide dan gagasan yang ada dalam benak saya. Sehingga desa Sembalun Lawang nantinya lebih maju dengan desa-desa yang ada di Kecamatan Sembalun,” ucapnya.

Tentunya hal itu bisa terwujud, lanjutnya tidak lepas dari dukungan semua elemen masyarakat. Menurut Hasbi sebagus apa pun program yang akan diusung tanpa dukungan dari masyarakat semua itu hanya isapan jempol.

“Oleh karena itu, saya minta dukungan dari masyarakat untuk kita sama-sama membangun desa kita ini. Meskipun saya bukan dari Sembalun Lawang, Insya Allah dengan segala daya dan upaya yang saya miliki desa kita ini akan lebih baik kedepannya,” katanya.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, atas tugas dan amanah yang dipercayakan kepadanya menahkodai desa Sembalun Lawang.

“Terimakasih kepada bapak Camat, saya harapkan kerjasama kita untuk memajukan desa kita ini, baik antar lembaga desa maupun masyarakat. Apalah artinya manah yang diberikan kepada saya jika tidak ada dukungan dari masyarakat,” harap Hasbi.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *