• February 5, 2023
  • Last Update February 5, 2023 6:51 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Cek Kesiapan Personil dan Peralatan Antisipasi Kemungkinan Gempa dan Sunami di Sumbawa Barat

Cek Kesiapan Personil dan Peralatan Antisipasi Kemungkinan Gempa dan Sunami di Sumbawa Barat

Sumbawa Barat sergapye- Sebelum hujan sebaiknya sedia payung, ungkapan itu cukup tepat untuk menggambarkan kesiapan aparat pemerintah, TNI dan Polri dalam mengantisipasi bencana alam dari curah hujan yang tinggi di wilayah Sumbawa Barat.

TNI -Polri bersama pemerintah kabupaten Sumbawa Barat menggelar apel gabungan siaga bencana,bertempat di Lapangan Graha Fitrah komplek KTC Kabupaten Sumbawa Barat sekitar pukul 07.30 wita Senin (31/11)

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Saat ini di Indonesia sedang memasuki musim penghujan yang mana Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan musim hujan 2022 terjadi di bulan September, dan puncak musim hujan 2022 terjadi di bulan Desember.

Kabag Ops Kompol Iwan Sugianto SH melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi Adirejo, S.Sos mengatakan, namun meskipun begitu, kita harus tetap waspada dengan berbagai bencana yang mungkin terjadi diluar dugaan perkiraan yang ada agar dapat mengurangi dampak resiko yang ditimbulkan.

” Dengan curah hujan intesitas cukup tinggi kemungkinan dapat menimbulkan antara lain bencana alam seperti banjir , tanah longsor,erosi, pohon tumbang, angin puting beliung serta lainya patut menjadi perhatian kita semua.” tegasnya

Yang harus diwaspadai bahwa letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua Samudra besar yang terletak di antara dua lempeng tektonik Ring of Fire yang membuat Indonesia rawan bencana gempa bumi yang sewaktu-waktu dapat terjadi gempa bahkan kemungkinan disertai Sunami.

” Untuk itu sebagai bentuk kesiapan kita terhadap berbagai kemungkinan yang dapat terjadi hari ini kita melaksanakan apel gabungan siaga bencana ini kita laksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil dan materil apabila sewaktu-waktu di butuhkan untuk membantu penanganan bencana alam secara cepat dan tepat,” jelasnya

Dalam kegiatan tersebut,sebagai tindak lanjut dukung 16 Program Prioritas Kapolri Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan. Nomor 5 tentang pemantapan kinerja pemeliharaan Kamtibmas dan Nomor 11 tentang peningkatan kualitas pelayanan Publik Polri. *

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *