• February 23, 2024
  • Last Update February 23, 2024 2:28 pm
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Cegah Radikalisme di Kalangan Pegawai Negeri Sipil Polri, Biro SDM Gelar Seminar Deradikalisasi

Cegah Radikalisme di Kalangan Pegawai Negeri Sipil Polri, Biro SDM Gelar Seminar Deradikalisasi

Mataram sergapye– – Guna.encegah  pemahaman radikal bagi anggota Pegawai Negeri Sipil Pada Polri (PNPP) Polda NTB dan jajaran, Biro SDM Polda NTB menggelar Seminar Deradikalisasi Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan Seminar tersebut diikuti oleh 138 PNPP Polri Polda NTB yang terdiri dari 88 dari Polda NTB dan 50 peserta dari Polres Jajaran Polda NTB yang berlangsung di Gedung Sasana Dharma Polda NTB , Selasa (28/02/2023).

Dalam keterangannya kepada media ini, Plh. Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Lalu Muhammad Iwan Mahardan menerangkan Deradikalisasi adalah sebuah program yang bertujuan untuk mencegah atau menetralkan pemikiran-pemikiran bagi mereka yang sudah terpapar dengan radikalisme. Biasanya yang menjadi sasarannya yaitu para teroris yang ada di dalam lapas maupun di luar lapas. Deradikalisasi memiliki tujuan untuk menetralisir pemikiran radikalisme.

Kenapa ini diadakan dan diperuntukkan kepada PNPP Polri yang ada di Polda NTB ?. Tujuannya untuk mencegah atau mengantisipasi munculnya faham-faham yang tidak sesuai dengan dasar-dasar Negara seperti yang telah diatur didalam Pancasila dan UUD 45.

“Bagi PNPP Polri hal tersebut tidak boleh terjadi, oleh karena itu Polda NTB melakukan upaya-upaya antisipasi dan pencegahan agar PNPP Polri Polda NTB tidak terseret dengan faham-faham radikalisme,”ungkap Pria Melati tiga ini.

Lanjutnya melalui kegiatan seminar yang diadakan Biro SDM Polda NTB ini diharapkan mampu menjadi benteng dan pondasi yang kuat sehingga tidak mudah terseret dengan cara atau faham-faham yang tidak sesuai dengan aturan di negara kita seperti halnya faham radikalisme.

Dalam seminar tersebut menghadirkan beberapa pembicara sebagai Nara Sumber untuk menyampaikan berbagai materi yang nantinya dapat membendung dan menolak secara tegas jika dihadapkan dengan faham radikal.

“Beberapa Nara sumber pada Seminar tersebut akan memaparkan tentang betapa bahayanya faham radikalisme bagi bangsa dan negara, termasuk bagaimana cara membentengi diri atau mencegah faham tersebut masuk dalam diri dan orang-orang terdekat kita,”ucapnya.

Dengan edukasi yang didapat melalui seminar ini diharapkan seluruh PNPP Polri Polda NTB mampu menolak dan mencegah faham terbut, baik menolak dan mencegah untuk dirinya maupun untuk orang-orang terdekat yang ada disekitarnya.

“Seminar ini nantinya tentu membawa manfaat yang baik bagi peserta dan akan membentengi pemikiran oleh ilmu yang diperoleh dari kegiatan seminar Deradikalisasi ini,”Pungkas Plh. Kabid Humas Polda NTB.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *