• April 17, 2024
  • Last Update April 17, 2024 6:19 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Bupati Lotim Serahkan 169 Mesin Ketinting untuk 99 Kelompok Nelayan 6 Kecamatan

Lotim sergapye–sejak gempa bumi dan pann demi covid19 tahun silam, praktis pendapat nelayan Lombok Timur turun drastis. Tidak ingin melihat nelayannya turun pendapatannya, bantuan mesin ketinting salah satu solusi mengatasi persiapan tersebut.

Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menyerahkan secara simbolis bantuan mesin 169 mesin ketinting untuk 99  kelompok nelayan dari enam kecamatan, yaitu Sambelia, Pringgabaya, Labuhan Haji, Sakra Timur, Keruak, dan Jerowaru, di halaman belakang kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Timur. jumat (14/4)

Bupati berharap agar mesin itu digunakan dengan seoptimal mungkin supaya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat nelayan “Manfaatkanlah apa yang didapatkan hari ini, ada kapal, perahu, penangkap atau jaring. Kita berikhtiar seoptimal mungkin, mudah-mudahan income masyarakat kita naik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati juga menjelaskan situasi dan kondisi yang dirasa sulit di daerah ini semasa gempa dan covid-19. Namun, daerah ini berhasil menghadapi situasi sulit tersebut. Terlebih lagi saat kabupaten atau daerah lain sibuk mengandalkan pariwisata sebagai objek PAD terbesar, syukurnya, Lombok Timur masih mengandalkan pertanian sehingga masyarakat tetap aman. Karena itu Bupati menilai potensi pertanian sangat besar kala itu, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Ia pun sangat bersyukur karena Allah SWT telah mengaruniakan banyak potensi kepada Lombok Timur mulai dari gunung hingga laut. Ia berharap potensi tersebut dapat dioptimalkan dengan kerja keras dan soliditas semua pihak. Ia menekankan perlunya memperkuat kolaborasi dan koordinasi.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Timur M. Zainuddin menyampaikan bahwa gempa bumi dan pandemi menyebabkan penurunan produksi perikanan tangkap, khususnya. Karena itu bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat menstimulasi dan membangkitkan kembali semangat para nelayan Lombok Timur.

Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Timur memberikan bantuan sebanyak 165 buah mesin ketinting kepada 99 kelompok nelayan. Bantuan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2023.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *