• May 27, 2024
  • Last Update May 25, 2024 8:05 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Brimob Polda NTB Gelar Latihan Simulasi Pengamanan Event MotoGP 2023 dan Sispam Pemilu

Brimob Polda NTB Gelar Latihan Simulasi Pengamanan Event MotoGP 2023 dan Sispam Pemilu

Mataram sergapye-Menjelang pelaksanaan Event Internasional Grand Prix Of Indonesia 2023 di Mandalika dan pelaksanaan Pesta Demokrasi (Pemilu) serentak 2024 mendatang. Satuan Brimob Polda NTB Gencar Melaksanakan Latihan internal dan juga latihan bersama Satker lain yang ikut terlibat dalam Pengamanan dan simulasi Sispam Kota, dalam rangka persiapan menjelang Pengamanan Event Grand Prix 2023.

Khusus Brimob NTB pelaksanaan latihan secara rutin ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel Brimob NTB, serta kesiapsiagaan personil dalam menghadapi dinamika perkembangan situasi kamtibmas di Provinsi Nusa Tenggara Barat, terkhusus saat Sebelum Melaksanakan Pengamanan dan Pada waktu pelaksanaan pengamanan mendatang diharapkan situasi kamtibmas di Wilayah Hukum Polda NTB tetap kondusif.

Terpantau di lapangan Komandan Satuan Brimob Polda NTB Kombes Pol. Komaruz Zaman, S.I.K, MH turun langsung di lapangan memimpin latihan Penanganan Huru-Hara, Latihan Kemampuan Anti Anarkis Detasemen 45 dan latihan kemampuan khsusus lainya yang hanya dimiliki oleh Personel Brimob.

Pelaksanaan latihan ini di laksanakan di lapangan Markas Komando M. Jasin.
Ditemui saat selesai latihan, Komaruz mengatakan latihan peningkatan keterampilan pengamanan penting agar prosedur pengamanan di lapangan tidak salah terutama dalam menghadapi Event MotoGp/pertmina Grand Prix Of Indonesia 2023.

“ _Setiap hari kita laksanakan latihan, latihan dan latihan. Jangan kaget kalau lihat anggota saya setiap hari ada di tengah lapangan, panas panasan sambil latihan, latihan kena sinar matahari, badan sehat_” Ungkap Komaruz bersamaan dengan tawa kecilnya waktu dimintai keterangan.

Lanjut Dansat Brimob, dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi dinamika di lapangan, mental emosional sudah terbentuk. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik saat pelaksanaan pengamanan berlangsung.

“ Sehingga apabila sampai terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan saat Event pelaksanaan MotoGp. Anggota saya bisa mengambil keputusan yang benar sesuai aturan dan hukum yang berlaku_” Ungkapnya.

Perlu di ketahui Latihan yang di laksanakan Brimob Polda NTB Dilaksanakan serentak Oleh Jajaran Brimob dari Pulau Lombok sampai Timur Pulau Sumbawa, Satker lain yang terlibat dalam Persiapan pengamanan Event MotoGp juga menggelar latihan di Satkernya masing-masing.

Setelah masing-masing Satker melaksanakan latihan internal akan dipadukan Serentak di Lapangan Bharadaksa Polda NTB, sehingga pelaksanaan Simulasi bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai SOP yang Berlaku.

Untuk pelaksanaan Latihan Simulasi MotoGP akan dilaksanakan di Lapangan Parkir Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Selasa, 03 Oktober mendatang.

Dansat Brimob Polda NTB Kombes Pol. Komaruz Zamaan, S.I.K, MH mengatakan Latihan Pengamanan ini sudah di laksanakn jajaran Brimob NTB dan Satker yang terlibat, latihan berlangsung hampir sebulan. Lanjut Dansat Brimob, persiapan latihan yang berlangsung lama, bermaksud untuk memadukan setiap pergerakan atau penindakan saat simulasi berlangsung. Karena ada 5 Satker yang ikut terlibat dalam Simulasi Sispam Kota, jadi saat anggota melaksanakan pengamanan, anggota sudah tahu tugas dan perannya masing-masing selama pengamanan berlangsung.

“ _Kita punya tantangan sendiri untuk pelaksanaan simulasi Sispam kota ini, walaupun kita sudah sering melaksanakannya. Selama latihan berlangsung kita tidak ada kendala, dan saya berharap waktu pelaksanaannya nanti akan berjalan dengan lancar, sesuai apa yang kita harapkan selama latihan. SOP simulasi tetap jadi pedoman kita dan pada saat waktu pelaksanaannya nanti tidak keluar dari jalur yang kita sudah latihkan_”

” _Sehingga pimpinan dan masyarakat yang menonton, menilai kita sudah sangat siap mengamankan Event Internasional Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 yang berlangsung selama 3 hari, Tanggal 13-15 Oktober mendatang_” Lanjut Komaruz

Pelaksanaan Simulasi Sispam Kota, tidak haya dilaksanakan di Pulau Lombok, kegiatan ini juga dilaksanakan oleh jajaran Brimob di Pulau Sumbawa, tepatnya di Bima, di Lapangan apel Kantor Bupati Kabupaten Bima. Personel Batalyon C Pelopor bergabung bersama Anggota Polres Bima Kota , Polres Kabupaten Bima dan Polres dompu.

Berbeda dengan Personel Brimob yang ada di Pulau Lombok, yang melaksanakan latihan untuk persiapan Pengamanan Pelaksanaan Event MotoGp. Di Kabupaten Bima Simulasi Sispam Kota dilaksanakan untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Dan Hal ini di benarkan Oleh Dansat Brimob Polda NTB.

“ _Perlu saya kasih tau, Yang melaksanakan kegiatan Simulasi ini tidak hanya Personel yang ada di pulau Lombok, di Bima juga melaksanakan kegiatan yang sama seperti disini, Bergabung dengan beberapa Polres, temanya aja yang beda, Kalau di Bima kita fokuskan Simulasi Untuk Pengamanan Pemilu 2024, kalau di Lombok, karena berdekatan dengan Jadwal event MotoGp pelaksanaan simulasi kita fokuskan untuk persiapan pengamanan Grand Prix Of Indonesia 2023/MotoGP Mandalika Oktober Mendatang, yang jelas Brimob NTB selalu siap di tugaskan, Pemilu kita siap, MotoGp juga kita siap_” ujar Komaruz.”

Selain kesiapan personel, Jajaran Brimob Polda NTB juga rutin melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

” _Saya Sebagai Komandan Satuan Brimob Polda NTB memastikan, anggota saya selalu siap ketika dibutuhkan_” Tegas Komaruz. Yang sudah menjabat selama 3 Tahun sebagai Komandan Satuan Brimob Polda NTB.(smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *