• April 17, 2024
  • Last Update April 17, 2024 6:19 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Iswan Rachmadi: Desa Labuan Lombok Mewakili Lombok Timur pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Iswan Rachmadi: Desa Labuan Lombok Mewakili Lombok Timur pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Lotim Sergapye – Lombok Timur sebuah kabupaten di NTB yang memiliki panorama alam indah baik pantai, gunung, adat istiadat dan  budaya turun temurun di masyarakat. Potensi keindahan setiap desa juga memiliki keunggulan masing masing.

Melirik potensi desa wisata yang bagus itu, pemkab Lombok Timur melalui Dinas Pariwisata mengikutkan puluhan desa di daerah ini untuk mengikuti Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Hal itu dibenarkan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Iswan Rachmadi kepada Sergapye di kantornya.

Dikatakan Kabupaten Lombok Timur mengikutkan  16 Desa Wisata dengan untuk berkompetisi menjadi yang terbaik pada ADWI 2023 dengan  7000 Desa di Indonesia..

Dari Proses Verifikasi 7000 desa yang dilakukan panitia ADWI, menyusut menjadi 500 desam sementara dari 16 desa di Lombok Timur yang didaftarkan, hanya masuk 5 desa  di 500 yang di seleksi Panitia pusat yaitu, Desa Kembang Kuning, Desa Tete Batu , Desa Sapid , Desa Loyok dan Labuhan Lombok.

“Dari 500 itu mengerucut menjadi  300 , dan 3 Desa Lombok Timur yang masuk yaitu Desa Tete Batu, Desa Loyok dan Labuan Lombok, Dari proses terakhir masuk ke kelompok 75 dan yang masuk itu Desa Labuhan Lombok, ” ujarnya.

Iswan  kemudian menyampaikan keunggulan dari Desa Labuhan Lombok yakni mempunyai destinasi Alam yang indah yakni mempunyai Kayangan Hill, Destinasi Diving (menyelam) , selain diving pengunjung juga bisa belajar disana , ada instrukturnya yang sudah bersertifikasi.

Labuhan Lombok sudah siap untuk dinilai sama juri dan sudah kirim rencana untuk pemaparan di jakarta.

Kadis Pariwisata Lotim ini optimis Desa Labuhan Lombok sebagai juara karna labuhan karena Desa ini memiliki  kekaya alam , seperti kaya pontensi bisa melihat laut alas dengan laut yang indah , bentangan pulau sumbawa kelihatan di Kayangan Hill.”kalau lihat belakang kita akan melihat Rinjani, “sebut Iswan. (Bayu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *