• September 20, 2024
  • Last Update September 20, 2024 11:22 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Kedepankan Kearifan Lokal

Kedepankan Kearifan Lokal

Sergapye Lotim –  Tujuan utama pembangunan desa adalah membuat masyarakat, termasuk pemuda betah tinggal di desanya. Karena itu Penjabat Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik memuji Kades Songak yang sudah membangun tempat olahraga guna memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama para pemuda.

Pujian tersebut, dilontarkan Pj. Bupati usai mengikuti ritual di makam  leluhur  desa Songak kecamatan Sakra pada Kamis (19/9). Sebelumnya, Bersama masyarakat dari berbagai kalangan Pj. Bupati mengikuti pawai adat dengan berjalan beriringan mulai dari masjid kuno menuju ke makam sebagai rangkaian event Bejango Beleq yang ke – 13.

Tradisi yang juga melibatkan pemuda, tokoh agama, budaya dan masyarakat itu pun diapresiasi Pj. Bupati dan berharap  tetap dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Tradisi tersebut, menurut Pj. Bupati adalah untuk menjenguk para leluhur atau orang tua yang sudah mendahului ke pangkuan Tuhan. Ia pun mengingatkan untuk mengedepankan kearifan lokal namun tetap menjaga semangat dan fokus untuk mengejar masa depan, seperti yang dipraktikan sejumlah negara maju di kawasan Asia.

Tak lupa Pj. Bupati mengingatkan masyarakat untuk menentukan pilihannya di Pilkada mendatang. Namun demikian pilihan tersebut diharapkan tidak  mendatangkan masalah dan hilangnya silaturahmi antar sesama karena adanya perbedaan.

Sementara itu ketua panitia Rof’il Khaerudin menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan tersebut guna menghidupkan kembali nilai-nilai yang sudah diajarkan oleh para leluhur. “Kegiatan ini untuk menghidupkan kembali nilai-nilai yang sudah leluhur bangun, baik itu nilai keilmuwan maupun kekeluargaan,” tuturnya.

Diakhir kegiatan ditampilkan pertunjukan gendang beleq dan peresean yang dipertandingkan oleh anak-anak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *