• September 19, 2024
  • Last Update September 19, 2024 12:39 am
  • Nusa Tenggara Barat Indonesia

Mendaki Melalui Jalur Ilegal, Bule Rusia Hilang di Gunung Rinjani

Mendaki Melalui Jalur Ilegal, Bule Rusia Hilang di Gunung Rinjani

Lombok Utara sergapye––Bule asal Rusia yang berlibur ke Lombok hiilang saat mendaki Gunung Rinjani. Diduga korban hilang dari rombongan temannya karena dia mendaki melalui jalur tidak resmi.

Wisatawan perempuan bernama  Mordovina Alexandra, berusia 44 kini masih dalam pencarian. Informasi yang diterima media online halolombok, Mordovina mendaki pada  30 Agustus 2024 secara ilegal. Kabar pendakiannya ini disampaikan kepada teman-temannya sesama WNA melalui chat WA.

Aparat terkait yang menerima laporan tersebut, langsung merespon informasi dengan melakukan pencarian dimulai dari pintu masuk pendakian Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Kamis (12/8/2024).

Kapolres Lombok Utara melalui Kapolsek Bayan Iptu I Wayan Cipta Naya mengatakan, pihaknya  menerima Warga Negara Asing berkebangsaan Rusia yang diduga hilang di kawasan Gunung Rinjani.

‘Kmi berinisiatif membentuk suatu tim pencarian dan kami kedepankan dari pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dikarenakan wilayah merupakan kewenangan TNGR,” ujarnya.

Untuk melakukan pencarian dibentuk tim gabung ang melibatkan Adapun tim dari Polsek Bayan yaitu Bhabinkamtibmas Desa Senaru, Koramil Bayan yang diikuti Bhabinsa Senaru, dari TNGR.

Tim juga ditemani ditemani 3 warga Rusia masing-masing Luchsehev Ilya, Denis Kostenko,  Burdeev Igor dan 1 WNA Ukraina bernama Anna. Mereka didampingi 1 guide (pemandu) dan 4 orang potter.

Tim pencarian ini rencananya melakukan pencarian selama 4 hari pada 12-15 September 2024

Tim berangkat pukul 06.30 WITA, dan dimulai dari Jejak Gawah pintu masuk menuju Rinjani di Senaru.

Lokasi yang akan disasar tim diantaranya Jalur Senaru-Plawangan Senaru pada radius sekitar radius 7 km, Plawangan Senaru-Jalur Sangkareang jarak tempuh 2 km, Plawangan Senaru-Jalur Batu Ceper dengan Radius 2 km dan Jalur Plawangan Senaru-Jalur Santong sejauh kurang lebih 3 km

Mordovina diperkirakan  mendaki pada 30  Agustus 2024  sekitar pukul 04.00 WITA. Saat itu korban sempat memberitahukan kepada rekan-rekannya lewat chat WA. Namun setelah hampir dua pekan, korban hilang kontak dan pencarian masih dilakukan. (smile)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *